Kaka umumkan pensiun

Kaka umumkan pensiun

Gelandang Brasil Kaka. (REUTERS/PAULO WHITAKER)

Jakarta (ANTARA News) - Mantan bintang tim nasional Brasil dan AC Milan, Ricardo Kaka (35), mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain sepak bola profesional pada Minggu (17/12) dan menyatakan bersiap untuk menjalani peran baru sebagai manajer.

"Saya bersiap untuk melanjutkan sepak bola dengan peran yang berbeda, tapi saya tidak lagi menjadi pemain profesional atau seorang atlet," kata Kaka yang memenangi gelar Ballon d'Or 2007 kepada Globo dilansir AFP, Minggu.

"Saya ingin ambil bagian untuk klub dalam peran yang lebih seperti seorang manajer, direktur olahraga - seseorang yang bekerja di antara lapangan dan klub," katanya kemudian menambahkan bahwa ada tawaran dari AC Milan.

Selain menjadi bintang AC Milan, Kaka juga ambil bagian dalam skuat megabintang milik Real Madrid sebelum menuntaskan karirnya bersama klub Amerika Serikat Orlando City di Major League Soccer (MLS).

La Liga Spanyol memberi penghormatan pada akun Twitter-nya, dengan mengatakan, "Salah satu pemain sepak bola berbakat terbesar telah menggantungkan sepatu setelah karir yang berkilauan."

Semasa di Milan, Kaka menjadi pemain yang meraih Ballon d'Or sebelum gelar itu diperebutkan terus-menerus oleh Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Selain membantu Milan meraih gelar Serie A 2003-04, Kaka juga mencetak 10 gol saat Milan menjuarai Liga Champions 2007.

Di sisi lain, Kaka tidak bisa menjamin bahwa kiprahnya sebagai manajer akan sukses di masa depan.

"Fakta memiliki kesuksesan sebagai pemain profesional, bukan berarti saya akan atau tidak akan menjadi manajer yang bagus. Jadi, saya ingin mempersiapkan diri untuk rencana ini, belajar, mengikuti, lebih dekat ke klub tertentu, terutama tempat saya bermain," katanya.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar