Pelatih puji performa "rookie" Garuda Bandung

Pelatih puji performa "rookie" Garuda Bandung

Logo IBL Logo Liga Bola Basket Indonesia (IBL). (twitter.com/IBLindonesia) (twitter.com/IBLindonesia)

Bandung (ANTARA News) - Pelatih Bank BJB Garuda Bandung Andre Yuwadi memuji penampilan pemain debutan atau rookie  Reza Guntara yang dianggapnya tampil apik dalam dua seri awal Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018.

"Kontribusinya sampai saat ini sangat baik. Dia bahkan sempat membuat dua digit poin di beberapa laga," ujar Andre di Bandung, Senin.

Namun, dia melanjutkan, Reza masih memiliki kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki terutama mental.

Andre menganggap pemain yang masih berusia 21 tahun itu kerap gugup ketika dalam tekanan. "Itu memang masalah yang biasa dihadapi rookie," tutur dia.

Sebagai rookie, Muhammad Reza Fahdani Guntara memang menunjukkan performa bagus di lima pertandingan dalam dua seri awal IBL 2017-2018.

Dia membuat rata-rata 8,8 poin; 4,4 rebound dan 1,2 assist per-pertandingan untuk membantu timnya berada di peringkat kedua klasemen sementara Divisi Merah dengan empat kemenangan dari lima pertandingan yang sudah dijalani.

Menanggapi penampilannya itu, Reza menyebut dirinya hanya berusaha tampil maksimal di setiap laga.

Selain itu, dia pun ingin menggali sebanyak-banyaknya pengalaman dan pelajaran di musim pertamanya sebagai pemain profesional.

"IBL tantangan baru bagi saya yang baru beralih dari level mahasiswa ke profesional. Banyak pelajaran yang saya ambil, misalnya bagaimana mengambil keputusan di pertandingan," kata Reza.

Jika terus berpenampilan cemerlang. Bukan tak mungkin lulusan Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) ini akan mendapatkan status sebagai rookie terbaik di IBL 2017-2018.

Namun, Reza mengaku dirinya tidak memikirkan gelar pribadi dan tetap fokus untuk memajukan tim.

"Penghargaan rookie terbaik itu bonus saja buat saya," kata Reza.

Sebagai informasi, Reza Guntara biasa mengisi posisi forward di Garuda Bandung.

Pemain bertinggi badan 193 sentimeter ini juga tercatat sebagai pemain tim nasional 3X3 putra yang mempersembahkan medali perak untuk Indonesia di ajang turnamen uji coba (test event) internasional Asian Games 2018 bertajuk 3X3 Asia Challenge 2017.

Adapun di IBL 2017-2018, Garuda Bandung diperkuat oleh tiga pemain rookie. Selain Reza, ada juga Danny Ray dan Pandu Wiguna.

Berikutnya, IBL Pertalite 2017-2018 akan berlanjut ke seri III di Solo, Jawa Tengah, pada 23-25 Desember 2017.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar