Wonosobo (ANTARA News) - Komunitas Sedulur Wonosobo Bersatu (SWB) menyelenggarakan bakti sosial berupa gerakan peduli lingkungan dengan menanam 1.000 bibit pinus di kawasan hutan Sikenci di Desa Pulosaren, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Ketua SWB Rakhmat Harjuno di Wonosobo, Senin mengatakan kegiatan penghijauan ini bertujuan agar masyarakat serta anggota SWB sadar akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan serta mencegah terjadi bencana.

"Dipilih hutan Sikenci karena di sini potensi terjadinya bencana longsor sangat besar, bahkan hampir setiap tahun terjadi longsor, apalagi mengingat di bawahnya ada Desa Ngempon," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini pihaknya dapat menjadi pelopor komunitas yang peduli akan penghijauan sehingga diharapkan banyak komunitas lainnya melakukan aksi serupa, sehingga secara bertahap bencana longsor dan banjir bisa diminimalkan.

Camat Kepil Singgih Kuncoro mengaku sangat apresiatif terhadap apa yang telah dilakukan oleh SWB.

"Kami sangat apresiatif dengan kegiatan penghijauan ini, yang nantinya akan bermanfaat untuk kelstarian alam," katanya.

Kepala Desa Pulosaren Sudiro merasa bangga dan berterima kasih kepada SWB yang telah peduli terhadap hutan pinus yang berada di wilayahnya.

Pada kegiatan tersebut SWB mengajak berbagai komunitas lain untuk berpartisipasi, antara lain komunitas otomotif YRCM, komunitas lingkungan FPRB dan Taruna Sumbing Wonosobo, Persatuan Pemuda Binangun, Pemuda NU dan Ansor, ANNAAS Wonosobo, dan Muhamadiyah Disaster Management Center (MDMC) Magelang. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017