Jakarta (ANTARA News) - Kepala Polri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan jalur Puncak di Bogor, Jawa Barat, akan ditutup untuk kendaraan pada waktu tertentu pada malam perayaan Tahun Baru 2018.

"Saya minta penekanan khusus di Puncak akan ditutup menjadi semacam Car Free Day," kata Tito di Jakarta, Kamis.

Tito mengatakan penutupan dua arah jalur Puncak untuk kendaraan akan dilakukan mulai 31 Desember 2017 pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB hari berikutnya. Dia juga mengimbau warga yang akan melewati Puncak melintas sebelum pukul 12.00 WIB agar terhindar dari kemacetan lalu lintas.

"Karena pasti akan macet total," katanya tentang lalu lintas kendaraan di Puncak setelah pukul 12.00 pada 31 Desember.

Petugas akan sepenuhnya melarang kendaraan dari Jakarta ke Puncak dan sebaliknya melintas pukul pada 31 Desember pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari pukul 06.00 WIB.

Saat jalur ditutup, Tito menjelaskan, pemerintah daerah setempat akan menyediakan layanan bus bagi warga yang akan merayakan Tahun Baru di kawasan Puncak.

Mengenai upaya antisipasi kemungkinan terjadinya teror menjelang Tahun Baru, dia menyatakan polisi telah menangkap sejumlah anggota jaringan terorisme.

"Kita sudah menangkap, penegakan hukum dan pengamanan pada tempat wisata," kata Tito, menambahkan bahwa pola pengamanan Natal juga akan diterapkan pada malam pergantian tahun.


Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017