Merak (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Banten, menyeberangkan sebanyak 27.916 penumpang pada tahun baru 2017 ke 2018 menuju Pulau Sumatera.

"Semua penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni,Lampung berlangsung lancar," kata Manager Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Ado Warsono saat dihubungi di Merak, Senin.

Selama ini, arus balik Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan penumpang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

Diprediksikan puncak arus balik akan terjadi Selasa (2/1) karena instansi pemerintah maupun BUMN dan swasta sudah kembali bekerja normal.

PT ASDP Merak mengoperasikan "kapal roll on roll of" atau Ro-Ro sebanyak 33 armada dengan penyeberangan pulang pergi di atas 100 trip.

Selain itu juga mengoptimalkan enam dermaga guna menghindari kemacetan maupun antrean kendaraan.

Selama ini, penyeberangan arus balik Natal dan Tahun Baru berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang maupun kemacetan kendaraan.

"Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengutamakan keselamatan sampai tujuan," katanya menjelaskan.

Menurut dia, saat ini, jumlah penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung pada tahun baru mencapai 27.916 penumpang terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 5.991 orang dan penumpang di atas kendaraan 22.425 orang.

Sedangkan, jumlah kendaraan roda dua dan roda empat 2.582 unit, truk 2.200 unit dan bus 825 unit.

Namun, pihaknya mengimbau penumpang kendaraan agar mentaati peraturan agar perjalanan tidak menimbulkan kemacetan.

Selain itu juga penumpang agar mentaati rambu-rambu keselamatan di atas kapal maupun di pelabuhan.

"Kami berharap pengendara tidak menghidupkan mesin kendaraan di atas kapal yang tengah melakukan penyeberangan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018