Kupang (ANTARA News) - Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Sudiyono memastikan bahwa polisi tengah mengusut penyebaran foto pembantaian rusa di Pulau Komodo.

"Kasusnya tetap diusut. Sekarang ini sedang ditangani Polda NTT," kata Sudiyono kepada Antara, Kamis, melalui pesan WhatsApp terkait perkembangan penanganan kasus penyiksaan hewan itu.

Menurut dia, perkembangan terakhir yang diperoleh dari tim penyidik Polda NTT menyebutkan, terduga penyebar foto itu berada di Makassar.

Dia mengatakan, dari terduga inilah nanti bisa terungkap kebenaran apakah dugaan pembantaian puluhan rusa di Pulau Komodo benar terjadi seperti pada foto yang tersebar di media sosial, atau tidak.

Dalam foto tersebut kata dia, belum dapat menjelaskan asal usulnya rusa, kapan kejadian tersebut berlangsung, siapa pelakunya, dan data lain yang diperlukan dalam proses pengungkapan.

"Tetapi hal yang pasti bahwa investigasi awal terhadap akun Facebook yang memuat foto-foto tersebut, dan telah mengantongi pelaku penyebar foto tersebut," kata Sudiono.

"Nanti bisa dibuktikan kaitan antara foto yang beredar tentang rusa yang mati, dengan Taman Nasional Komodo," katanya menjelaskan.

Dia berharap, kasus ini bisa ditangani secara tuntas agar masalah ini tidak terulang di masa yang akan datang.

"Kami tentu sangat berharap bahwa, kasus ini bisa ditangani secara tuntas, karena penyebaran foto ini dapat merusak citra pariwisata di daerah ini," katanya.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018