Liverpool (ANTARA News) - Liverpool telah melakukan semua yang bisa mereka lakukan demi meyakinkan Philippe Coutinho agar tidak hengkang ke Barcelona, kata pelatih Jurgen Klopp.

Namun melalui pernyataan resmi klub, Sabtu (6/1) malam, Liverpool mengonfirmasi kesepakatan untuk melepas playmaker asal Brasil itu ke Barcelona pada bursa transfer bulan ini.

Kendati akan ditinggal salah satu pemain pilarnya, namun Klopp menegaskan Liverpool masih memiliki pemain-pemain tangguh untuk melewati sisa musim ini.

"Bukan rahasia lagi bahwa Philippe menginginkan langkah ini terjadi sejak Juli, saat Barcelona pertama kali menyatakan ketertarikan mereka," kata Klopp dilansir laman resmi klub.

"Philippe bersikeras dengan saya, pemilik dan bahkan rekan satu timnya bahwa ini adalah langkah yang sangat ingin dia raih," kata Klopp.

"Meski begitu, kami berhasil mempertahankan pemain tetap di sini hingga melewati transfer musim panas, dengan harapan kami bisa membujuknya tetap tinggal dan menjadi bagian dari apa yang ingin kami lakukan," sambung bekas pelatih Dortmund itu.


(Baca: Liverpool telah melakukan segalanya agar Coutinho tak hengkang)


"Saya dapat memberitahu pendukung Liverpool bahwa kami, sebagai klub, telah melakukan segalanya sesuai kemampuan kami untuk meyakinkan Philippe bahwa menjadi bagian LFC (Liverpool) sama menariknya dengan pindah ke Spanyol, tapi dia 100 persen yakin masa depannya, dan keputusannya keluarga, berada di Barcelona," kata Klopp.

"Saya sangat mempercayai bakat yang kami miliki di sini dan bahkan lebih percaya lagi, bersama pemilik klub, kami akan melakukan investasi lanjutan ke dalam skuat, yang memungkinkan pertumbuhan dan peningkatan yang lebih besar," pungkas Klopp.

Barcelona akan mengikat Coutinho dengan kontrak selama lima setengah tahun ditambah klausul pembelian senilai 400 juta Euro.

Coutinho memang telah menjadi incaran Barcelona sejak bursa transfer musim lalu menyusul hengkangnya Neymar ke Paris Saint Germain (PSG). Kendati demikian, Liverpool sempat menolak tawaran Blaugrana untuk memboyong Coutinho.

Coutinho bergabung dengan Liverpool dengan nilai transfer 8,5 juta pound dari Inter Milan pada 2013. Pada musim ini ia telah bermain pada 20 laga di semua kompetisi dan mencetak 12 gol.


Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018