Solo (ANTARA News) - Pelatih Persis Solo Freddy Mulli telah melakukan tes fisik sebanyak 19 pemainnya untuk mengetahui stamina pada persiapan musim kompetisi Liga 2 Indonesia 2018 yang rencana digelar pada Maret mendatang.

"Kegiatan tes fisik pemain Persis dibagi dua kategori yakni usia di atas 25 tahun dan di bawah, sebelum timnya memasuki program latihan," kata Freddy Mulli usai pimpin tes fisik di Stadion Manahan Solo, Rabu.

Menurut Freddy, para pemain melakukan tes fisik dengan durasi 15 menit, dan hasilnya rata-rata kondisimnya bagus. Tim pelatih menargetkan, dari durasi 15 menit, minimal delapan kali putaran dengan jarak satu putaran 400 meter.

"19 pemain Persis maroritas kondisi stamina melebihi target yang telah ditetapkan oleh tim pelatih," kata Freddy.

Menurut dia, kondisi fisik mayoritas melebihi standar tersebut, sehingga para pemain ada aktivitas fisik selama transisi kompetisi tahun lalu. Dari hasil tes fisik, VO2Max empat pemain di posisi striker dan winger, Chandra Waskito, Sunarto, Jalwandi dan Handoko memiliki fisik yang bagus dengan catatan masing-masing 51,42, 51,24, 50,21 dan 49,98.

Selain itu, pemain posisi gelandang Persis, M Wahyu menempati peringkat teratas dengan VO2Max 52,28, kemudian Elina Soka (51,7) dan Bayu Andra (50,1). Untuk posisi pemain bertahan, Soni Setiawan masih yang terbaik dengan VO2Max 50,55, pemain baru Oky Derry (50,44), dan Ade Fanny (49,73).

"Semua pemain hampir dapat melampaui target delapan putaran, hanya dua kiper saja di bawah sedikit delapan putaran," katanya.

Menurut dia, tes fisik awal pemain tersebut untuk mengetahui sejauh mana fisik pemain Persis setelah libur kompetisi. Pre-test ini, merupakan data awal seorang pelatih untuk mengetahui fisik pemain.

Kendati demikian, Freddy tetap optimistis kemampuan fisik dan VO2Max pemain dapat meningkat dalam waktu tiga pekan ke depan. Pembentukan fisik ke depan dengan latihan variatif, seperti anaerobic, aerobic, speed, strenght, muscular power.

"Kami awal kompetisi sekitar 30 persen latihan teknik dan skill pemain, serta sisanya fokus pembentukan fisik pemain," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018