Jakarta (ANTARA News) - Maskapai PT Garuda Indonesia membuka rute Makassar-Palembang mulai 17 Januari 2018. 

Direktur Pemasaran dan Teknologi Informasi PT Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu, menyatakan, pembukaan rute penerbangan langsung itu juga langkah strategis Garuda Indonesia dalam meningkatkan potensi dan memperluas pangsa pasar penerbangan domestik. 

Poros Makassar-Palembang juga salah satu pusat perekonomian terbesar di Indonesia bagian timur dan barat.

"Selain itu, masyarakat juga akan jauh lebih terbantu karena tidak perlu transit lebih dahulu di Jakarta jika ingin terbang di rute itu. Pembukaan rute ini kami harapkan dapat semakin memajukan pengembangan pariwisata di Indonesia," ujar Sulistyowati.

Melalui penerbangan langsung ini, pengguna jasa dari Palembang dapat menikmati penerbangan lanjutan ke berbagai tujuan wisata di bagian timur Indonesia, di antaranya Sorong, Ambon, Jayapura, Timika, Merauke, dan Biak, 

Juga tujuan wisata di bagian barat Indonesia, di antaranya Bengkulu, Jambi, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, serta Lampung.

Penerbangan Makassar-Palembang pp akan dilayani menggunakan armada Bombardier CRJ-1000 berkapasitas 96 tempat duduk, dengan frekuensi empat kali dalam seminggu, setiap Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Penerbangan langsung tersebut berangkat dari Makassar dengan pesawat terbang PT Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA274 pada pukul 17:55 WITA dan tiba di Palembang pukul 19:35 WIB.

Penerbangan dari Palembang berangkat dengan GA275 pada pukul 20:15 WIB dan tiba di Makassar pada pukul 23:55 WITA.

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia juga telah melayani penerbangan langsung Medan-Makassar pp sejak Desember 2017 lalu.

Pada sisi lain, PT Garuda Indonesia juga akan menerbangi rute Medan-Makassar tiap hari --juga memakai Bombardier CRJ-1000-- dengan waktu tempuh tiga jam 50 menit. 

Penerbangan Medan-Makassar itu dijadwalkan berangkat pukul 18.00 WIB dan akan tiba di Makassar pada pukul 22.50 WITA.

Jadwal penerbangan Makassar-Medan berangkat pada pukul 20.00 WITA dan akan tiba di Medan pada pukul 22.40 WIB.

Selain itu, PT Garuda Indonesia mengembangkan jaringan penerbangan internasionalnya dengan membuka rute penerbangan Denpasar-Xi'an, China, pp mulai 29 Januari 2018, dan Denpasar-Zhengzhou pp mulai 30 Januari 2018. Rute itu akan dilayani Airbus A-330 berkapasitas 360 tempat duduk.

Rute Denpasar-Xi'an pp akan dilayani dua kali sepekan, berangkat setiap hari Senin dan Jumat dari Denpasar pukul 16.55 WITA dan tiba di Xian pada pukul 00.25 waktu setempat.

Penerbangan Denpasar-Zhengzhou pp akan dilayani sebanyak tiga kali seminggu dengan menggunakan armada Airbus A330-300, setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu dari Denpasar pada pukul 11.35 WITA dan tiba di Zengzhou pada pukul 18.25 waktu setempat.

Rute ke China diterbangi PT Garuda Indonesia, paling sedikit 63 penerbangan setiap pekan. Di antaranya Denpasar-Chengdu pp, Denpasar-Beijing pp, Denpasar-Guangzhou pp, Denpasar-Shanghai pp, Jakarta-Guangzhou pp, Jakarta-Beijing pp, dan Jakarta-Shanghai pp.

Pewarta: Juwita Rahayu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018