counter

Dokar Hias siap dukung wisata kota Denpasar

Dokar Hias siap dukung wisata kota Denpasar

Peserta menampilkan tarian tradisional Bali saat mengikuti parade budaya di Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (13/8/2017). Parade budaya rangkaian Sanur Village Festival 2017 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika tersebut diharapkan dapat menjadi ajang promosi pariwisata dan seni budaya khususnya untuk wilayah Sanur. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Denpasar (ANTARA News) - Keberadaan alat transportasi tradisional  dokar hias secara gratis menjadi sarana pendukung program "Denpasar Heritage City Tour" mendapatkan sambutan dari warga masyarakat dan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Maria Antonia Dezire Mulyani di Denpasar, Senin, mengatakan program tersebut akan terus dilanjutkan dalam upaya memberi pelayanan kepada wisatawan yang berlibur di Bali, khususnya di Denpasar.

"Program dokar hias secara gratis akan dilakukuan setiap hari Sabtu dan Minggu. Ini sebagai program inovasi pengembangan pariwisata di Kota Denpasar," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya merasa senang bisa merealisasikan program tersebut. "Kami berharap warga masyarakat dan wisatawan bisa memanfaatkan program tersebut."

Kawasan objek wisata pusaka (heritage city tour) menawarkan sejumlah objek wisata terkenal, antara lain objek pura (Pura Mojopahit dan Jagatnatha), puri (Pemecutan dan Jero Kuta) dan pasar (Kumbasari dan Satria).

Selain itu, kata Dezire Mulyani, tidak saja mengelilingi kawasan wisata pusaka (heritage city tour) dengan dokar hias, para wisatawan juga disuguhkan berbagai keterampilan seperti menari, menabuh hingga "mejejahitan" atau membuat kerajinan tangan untuk sesaji.

Dezire Mulyani menjelaskan program dokar hias tersebut bertujuan untuk memanjakan dan memberi kenyamanan dalam berwisata di Denpasar.

"Program dokar hias diluncurkan pada 13 Okober 2017 di Kantor "Tourism Information Centre" Denpasar, maka wisatawan lokal pun memanfaatkan momentum tersebut," ujarnya.

Dinas Pariwisata Kota Denpasar mengeluarkan kebijakan untuk memberikan layanan transportasi dokar secara gratis sepanjang tahun 2018 pada hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00-15.00 Wita.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan pemanfaatan dokar hias merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Saya rasa ini tepat dilakukan, kita masih punya angkutan tradisional dokar yang harus dilestarikan, kusir dokar yang awalnya sudah tidak ada lapangan pekerjaan, kini bersemangat kembali menekuni pekerjaan ini," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pergelaran Akhir Tahun Denpasar Festival

Komentar