Di Pesisir Selatan ada paket wisata seputar durian

Di Pesisir Selatan ada paket wisata seputar durian

Ilustrasi - Sejumlah pedagang musiman menata buah durian ke dalam mobil angkutan saat musim panen di Desa Gunong Panah, Bubon, Aceh Barat, Aceh, Kamis (6/7/2017). Pada musim panen durian tahun ini harga durian dijual berkisar Rp8.000 sampai Rp25.000 per buah. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Painan, Sumatera Barat (ANTARA News) - Pelaku pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menawarkan paket wisata seputar durian mulai dari makan buah durian segar hingga menunggu buah durian jatuh dari pohonnya kapada wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.


"Kami menyediakan varietas buah durian sesuai pesanan wisatawan mulai dari durian jenis kunik, kambuik, jantuang, taruang, manggi dan lainnya," kata pelaku wisata yang juga pemilik Delima Home Stay di Pesisir Selatan, Aciak di Painan, Kamis.

Khusus paket wisata menunggu buah durian jatuh dari pohonnya, diberikan tergantung pesanan dari wisatawan apakah satu hari, dua hari atau lebih.

"Pada musim durian tahun lalu saya mendapatkan tiga paket wisata menunggu durian jatuh dari pohon ini," tambahnya.

Harga paket tergantung dari kesepakatan dengan masing-masing wisatawan. Ada harga awal yang ditawarkan tetapi bisa dinego.

"Bagi kami yang penting dapat untung dan wisatawan nyaman," ujarnya.

Khusus paket menunggu buah durian pihaknya memastikan keselamatan wisatawan sebagai hal utama, karena menunggu buah durian dilakukan di area perbukitan.

"Saya sebagai penyedia jasa tidak akan melepaskan wisatawan begitu saja, namun akan mendampingi mereka hingga selesai," katanya.

Ia mengaku paket wisata minat khusus ini telah ia kembangkan sejak 2014 sebagai upaya memberikan wisatawan alternatif berlibur sesuai selera.

Selain seputar buah durian, paket wisata lain berupa permainan tradisional, mencari belut, hingga menarik pukat tepi dan kegiatan unik lainnya yang diminati wisatawan.

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar