Palembang (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR, Sri Meliyana, minta masyarakat diberdayakan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang, terutama dalam meningkatkan perekonomian rakyat. Asian Games 2018 akan dimulai pada 18 Agustus nanti dan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

"Jangan sampai masyarakat di daerah ini hanya sebagai penonton karena tidak diikutsertakan. Bahkan yang menyedihkan lagi bila tidak ikut diberdayakan mereka hanya menerima kemacetan dalam berpergian," kata anggota DPR utusan Sumatera Selatan itu, di Palembang, Kamis. 

Dia bilang, bukan itu saja tetapi kalau tidak diikutsertakan maka cinderamata akan berdatangan dari luar negeri, bahkan dari China.

Oleh karena itu mulai sekarang mereka dilatih membuat kerajinan khas daerah supaya masyarakat merasa memiliki dalam pesta olahraga akbar mendatang itu. Contoh cinderamata yang dia maksud adalah miniatur rumah limas yang khas Sumatera Selatan.

"Yang jelas masyarakat harus diberdayakan karena tidak mudah menjadi tuan rumah Asian Games. Apalagi Asian Games sebagai peluang sehingga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin," ujar dia.

Sementara Sekretaris Daerah Sumatera Selatan, Nasrun Umar, mengatakan, Asian Games 2018 harus sukses termasuk ekonomi rakyat. 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018