Jakarta (ANTARA News) - Juara Liga 1 Indonesia Bhayangkara FC tertinggal 0-1 dari FC Tokyo di babak pertama laga persahabatan internasional bertajuk "JLeague Asia Challenge" yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Gol dari FC Tokyo dicetak oleh pemain bertahan Masato Morishige di menit ketiga melalui sundulan memanfaatkan umpan dari tendangan bebas.

Adapun gol itu merupakan hasil dari tekanan yang diberikan FC Tokyo sejak wasit asal Filipina Steve Supresencia meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan.

Tekanan beruntun membuat pemain Bhayangkara melakukan pelanggaran tak jauh dari kotak penalti dan berbuah tendangan bebas untuk Tokyo.

Tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Bhayangkara ini berbuah gol cepat untuk Tokyo di menit ketiga. Tak terkawal, Masato Morishige dengan mudah melesakkan bola ke gawang Bhayangkara yang dikawal Awan Setho Raharjo.

Bhayangkara langsung berinisiatif untuk membalas gol tersebut. Di menit kelima, penyerang Bhayangkara asal Brazil David Aparecido Da Silva berhasil menerobos ke kotak penalti Tokyo lalu mengirim umpan tarik ke arah Dendy Sulistiawan yang berdiri di depan gawang lawan.

Namun Dendy yang berdiri tanpa pengawalan berarti tak bisa menyundul bola ke sasaran.

Setelah itu, kedua tim saling berbalas menyerang. Tercatat Tokyo FC mendapatkan setidaknya dua peluang bersih di muka gawang Bhayangkara masing-masing melalui Diego Oliveira di menit ke-31 dan Kotaro Omori di menit ke-32, tetapi gagal menjadi gol karena bola ditepis dengan baik oleh Awan Setho.

David Aparecido Da Silva juga sempat membuat peluang dua menit jelang babak pertama usai, tetapi tendangannya melebar. Tak ada gol tambahan tercipta dan skor tetap 1-0 untuk keunggulan FC Tokyo.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Bhayangkara FC: Awan Setho Raharjo, I Putu Gede Juni Antara, Vladimir Vujovic (kapten), Alsa Putra Sanda, Nurhidayat, TM Ichsan, Paulo Sergio, Lee Yoo Jun, Dendy Sulistiawan, Sani Rizky Fauzi, David Aparecido Da Silva.

Cadangan: Fauzal Mubaraq, Vendry Mofu, Muhammad Hargianto, Maldini Pali, Wahyu Subo, Jajang Mulyana, James Charles Mack, Marinus Wanewar, Herman Dzumafo.

FC Tokyo: Akhiro Hayashi, Sei Murota, Masato Morishige, Yuchi Maruyama (kapten), Kosuke Ota, Kensuke Nagai, Kento Hashimoto, Keigo Higashi, Kotaro Omori, Diego Oliveira, Cayman Togashi.

Cadangan: Takuo Okubo, Kazunori Yoshimoto, Takuji Yonemoto, Yojiro Takahagi, Takefusa Kubo, Ryoichi Maeda.

Sebagai informasi, "JLeague Asia Challenge" diadakan untuk memperingati 60 tahun hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia. Oleh karena itu, selain sepak bola, pada hari ini, Sabtu (27/1) di Stadion Utama Gelora Bung Karno juga ada penampilan dari kelompok musik asal Indonesia JKT 48, yang berafiliasi dengan grup musik AKB 48 di Jepang.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018