Ambon (ANTARA News) - Dua penyanyi papan atas di tanah air yakni Mulan Jameela dan Fildan Rahayu, juara Dangdut Academy Asia 3 tampil menggoyang ribuan pendukung pasangan bakal calon (balon) Gubernur- Wakil Gubernur Maluku, Murat Ismail - Barnabas Orno yang menghadiri deklarasi pasangan dengan jargon "Baileo" tersebut, di Ambon, Sabtu.

Penampilan keduanya memang sudah ditunggu-tunggu sekitar lehih dari 10.000 pendukung yang memadati lapangan merdeka, Kota Ambon, Sabtu petang.

Fildan yang menjuarai D`academy Asia 3, tampil mengunakan kaos putih dan ditutupi dengan semi jas hitam, pertama menggebrak panggung dengan membawakan lagu India "Muskurane" dipopulerkan oleh Arijit Singh, sehingga mampu membuat para pendukung berjoget bersama.

Kehadiran Fildan di atas pangung juga mengundang perhatian ribuan warga yang berada di sekitar lokasi deklarasi untuk bergerak masuk dan memenuhi lapangan Merdeka. Ribuan pendukung dan simpatisan maupun masyarakat umum yang hadir tidak melewatkan kesempatan langka itu untuk mengabadikan penampilan pria asal Bau-Bau, Sulawesi Tenggara tersebut dengan telepon genggam mereka.

Suasana menjadi semakin semarak dan meriah saat Fildan menyanyikan tembang kedua yakni "Dahsyat" yang masuk dalam Dahsyat yang mengantarkannya menjuarai ajang nyanyi dangdut tingkat Asia.

Para pendukung pun ikut bergoyang dan bernyanyi bersama di tengah cuaca panas matahari yang menyengat dengan diselingi teriakan yel-yel pasangan "Baileo" dengan tagline "Maluku Bisa" tersebut.

Fildan juga memanfaatkan aksi pangung perdana di ibu kota provinsi Maluku tersebut dan mengajak para pendukung dari sembilan partai politik pengusung untuk memantapkan pilihan mereka pada Pilkada kelompok ketiga tahun 2018 dengan memilih pasangan "Baileo" yang mengusung tema perubahan dan Maluku Baru tersebut.

Sedangkan Mulan Jemeela yang didaulat kemudian untuk tampil dipanggung memulai aksinya dengan menyanyikan tembang "Makhluk Tuhan Paling Sexy" ciptaan sang suami Ahmad Dhani, dan merupakan salah satu lagu andalan Mulan pada album solo perdana yang diluncurkan pada Januari 2008, bertajuk "Mulan Jameela".

Usai menyanyikan lagi bergenre pop rock tersebut, masa mendukung pasangan "Baileo" mendaulatnya untuk menyanyikan "Wonder Woman" yang juga menjadi andalan dalam album pertamanyanya, tetapi Mulan malah memilih menyanyikan lagu dangdut "Sakitnya Tuh Disini" yang dipopulerkan penyanyi Cita Citata.

Mulan kemudian menutup penampilannya dengan membawakan "Wonder Woman" sekaligus mengobati rasa rindu ribuan massa yang memenuhi lapangan merdeka, termasuk memaksa pasangan balon Murat- Barnabas, penyanyi Camelia Malik dan sejumlah pimpinan parpol untuk tampil bergoyang diatas pangung.

"Saya kenal betul Bang Murat Ismail. Orangnya sangat murah hati dan memiliki visi serta kemauan besar untuk membangun daerahnya. Karena itu tidak salah jika masyarakat Maluku memilihnya sebagai calon pemimpin daerah ini lima tahun mendatang," ujar Mulan mengakhiri aksi panggungnya.

Acara deklarasi pasangan "Baileo" ibarat sebuah pesta rakyat, karena ribuan masa pendukung tidak hanya dihibur oleh dua penyanyi papan atas tersebut, tetapi juga oleh sederet penyanyi ternama lainnya diantaranya Jopie Latul yang mampu mengajak para pendukung untuk bergoyang tobelo serta Camelia Malik dengan "Colak Colek".

Para pendukung juga dihibur oleh penampilan penyanyi lokal Ambon yang telah menelurkan sejumlah album tembang bertema cinta yang laris dipasarkan di provinsi Papua, Papua Barat, Nusa tenggara Timur (NTT) serta Maluku dan Maluku utara yakni Mitha Talahattu. Mitha tampil menghibur ribuan pendukung "Baileo" dengan menyanyikan sejumlah lagu yang sempat hits diantaranya Terlalu Cinta, Sayang Ale dan Sayang.

Pewarta: Jimmi Ayal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018