Jakarta (ANTARA News) - Baru-baru ini warga Banyumas, Jawa Tengah, khususnya yang bermukim di sekitar Kawasan Wisata Baturraden dikejutkan dengan munculnya awan seperti UFO (Unidentified Flying Object). Bahkan, foto awan yang muncul di lereng selatan Gunung Slamet pada Sabtu sekitar pukul 10.00 WIB itu viral di media sosial.

Laporan kemunculan UFO sendiri sudah sering terjadi selama bertahun-tahun, tetapi jarang terjadi di Indonesia.   Menurut Forbes, UFO ternyata lebih sering pamer penampakan diri di Chile, Amerika Selatan. Masih ada tujuh tempat lainnya di dunia yang dianggap tempat favorit bagi UFO untuk menampakkan diri.

Berikut delapan tempat di dunia yang dinggap sebagai tempat paling sering UFO menampakkan diri, versi laman Forbes:

CHILE
    Chile kerap diasosiakan sebagai tempat yang paling sering memergoki UFO. Kelembaban yang rendah, punya ketinggian di atas rata-rata, dan langit yang cerah telah menjadikan Chile sebagai tempat favorit bagi para pemburu UFO dari seluruh dunia.
    Negara ini telah mendirikan CEFAA (Komisi untuk Studi Fenomena Udara Anamali) yang menyelidiki UAPs (fenomena udara tak dikenal) di bawah kendali Angkatan Udara Chile.

WILTSHIRE, INGGRIS
    Pola-pola misterius kerap muncul di tanah terbuka Wiltshire, hanya satu mil dari tempat purbakala aneh nan terkenal Stonehenge yang konon dibangun pada 3.100 Sebelum Masehi. Para pendukung teori konspirasi UFO menyebutkan bahwa alien kuno membangun monumen pendaratan kapal ruang angkasa di sini atau sebagai prasasti mendaratnya mahkluk extraterestrial.

Baca juga: Awan mirip UFO kejutkan warga Banyumas

AREA 51, NEVADA
    Instalasi militer AS ini berada 100 mil arah utara Las Vegas dan terkenal sebagai gudang teori konspirasi alien. Banyak yang percaya tempat ini menampung pesawat ruang angkasa alien yang jatuh, termasuk penumpangnya yang hidup maupun yang mati. Daerah ini juga diyakini digunakan untuk menciptakan pesawat yang mengadopsi teknologi alien.

SEDONA, ARIZONA
     Adalah salah satu destinasi paling populer untuk memburu UFO. Di sini pula sering dilaporkan penampakan alien, dan bahkan Bigfoot yang disebut manusia prasejarah.

WYCLIFFE WELL, AUSTRALIA
     UFO tak asing di Wycliffe Well. Mereka kerap menampakkan diri pada awal musim kering, dari Mei sampai Oktober. Wycliffe Well terletak di Northern Territory di sepanjang jalan raya Stuart Highway antara Alice Springs dan Tennant Creek serta dianggap sebagai ibu kota UFO di Australia.

SEGITIGA M, RUSIA
 
    Segitiga  M adalah salah satu tempat paling misterius di dunia dan baru ditemukan pada 1980-an. Di sini kerap terlihat benda berhenti di angkasa sambil memancarkan cahaya menyilaukan berwarna-warni. Ufologis atau orang-orang yang meminati UFO menganggap tempat ini sebagai tanda patahan bawah tanah di mana energi besar dipancarkan.  Gelombang energi elektromagnetik ini kadang menghasilkan warna, suara dan fenomena-fenomena lain.

POHON JOSHUA, CALIFORNIA
     UFOlogis meyakini bahwa Pohon Joshua berada di garis paralel Utara 33, seperti Roswell. Tepat di garis paralel ini sering didapati penampakan UFO.

ROSWELL, NEW MEXICO
     Roswell sudah menjadi jantung penampakan UFO sejak Juli 1947 ketika militer mengumumkan telah menemukan puing-puing pesawat UFO yang jatuh di gurun terdekat. Sejak itu para pendukung teori konspirasi UFO meyakini bahwa puing-puing UFO sekaligus dengan penumpangnya, entah sudah menjadi mayat atau masih hidup, telah dibawa ke tempat rahasia oleh militer AS.

Baca juga: Buku misterius "nubuat UFO" akhirnya bisa dibaca berkat AI




Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018