Kiev (ANTARA) - Kilatan cahaya terang di langit malam Kiev yang sedang dilanda perang telah menimbulkan spekulasi publik tentang apa penyebabnya, termasuk lelucon tentang UFO yang jatuh.

Rekaman-rekaman video yang tersebar di media sosial memperlihatkan langit di atas ibu kota Ukraina itu mendadak disinari cahaya terang Rabu malam. Dalam satu klip, sebuah benda yang menyala tampak jatuh ke tanah.

Otoritas Kiev mengatakan sebuah benda terbang tak dikenal telah jatuh dari langit pada Rabu sekitar pukul 22.00 waktu setempat (Kamis 02.00 WIB).

Benda itu memaksa otoritas mengumumkan peringatan udara di Kiev dan wilayah sekitarnya.

Peringatan awal tersebut menimbulkan pertanyaan tentang apa yang telah terjadi yang masih menjadi misteri hingga keesokan paginya.

"Setelah verifikasi dan klarifikasi, informasi tentang kemungkinan pesawat musuh atau serangan udara bersenjata rudal tidak terkonfirmasi," kata Administrasi Militer Kota Kiev dalam aplikasi pesan Telegram.

Baca juga: Sekjen NATO kunjungi Ukraina

Kiev kerap dihantam rudal dan pesawat tak berawak (drone) Rusia, yang mengenai wilayah sipil dan memaksa penduduk berlindung di bawah tanah.

Namun, masyarakat dan para petinggi tampaknya senang berspekulasi bahwa cahaya terang itu tidak ada kaitannya dengan perang.

Andriy Yermak, kepala kantor Presiden Volodymyr Zelenskyy, dengan bercanda mengunggah sebuah emoji UFO.

Teori, yang mengatakan bahwa kilatan cahaya itu disebabkan oleh satelit AS yang jatuh, dikesampingkan oleh badan antariksa AS, NASA.

Yuriy Ihnat, juru bicara Angkatan Udara Ukraina, mengatakan bahwa sebuah meteorit kemungkinan telah memasuki atmosfer bumi.

Dia mengatakan AU Ukraina, yang bertanggung jawab atas pertahanan udara, tidak terkait dengan peristiwa itu.

Baca juga: PLTN Zaporizhzhia tak akan lagi gunakan bahan bakar dari AS

Sumber: Reuters

 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023