Jakarta (ANTARA News) - Setelah bertarung selama 81 menit, pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, akhirnya berhasil menundukkan unggulan pertama asal Denmark, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen untuk ke final turnamen bulu tangkis India Terbuka 2018.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Sabtu, Greysia/Apriyani sukses membukukan kemenangan atas wakil Denmark dengan tiga gim berkesudahan 21-14, 19-21, 21-18.

Berdasarkan rekaman pertandingan, pertandingan panjang ini berlangsung begitu menegangkan, terutama di gim ketiga, di mana Greysia/Apriyani yang tertinggal di awal permainan hingga 2-6, kembali menebar ancaman saat mereka mampu menyamakan kedudukan 8-8 bahkan balik memimpin 10-8.

Akan tetapi, Juhl/Pedersen yang merupakan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 terus berusaha menekan dengan serangan-serangan cepat dan tajam yang memang menjadi andalan mereka.

Akhirnya, berbekal keyakinan dan semangat pantang menyerah, Greysia/Apriyani berhasil meredam tekanan duet Denmark tersebut dan menutup gim ketiga dengan kemenangan.

"Lawan kami adalah salah satu pasangan terbaik dunia saat ini, tidak mudah menghadapi mereka. Kami harus selalu bisa menjaga fokus. Di permainan ini, mental dan strategi betul-betul diadu," ujar Greysia dalam keterangan resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Bagi Apriyani yang merupakan junior dari Greysia, pertandingan ini merupakan pengalaman berharga baginya untuk bisa memperoleh hasil positif kala berhadapan dengan pasangan putri papan atas dunia.

"Pertandingan ini adalah pengalaman berharga buat saya. Tadi saya tidak bisa mengandalkan kekuatan, ketahanan, tapi semua dari pikiran. Ini yang berkali-kali dingatkan kak Greys dan pelatih Eng Hian kepada saya. Saya kalau dibandingin dengan lawan sih jauh banget ya pengalamannya, tapi bagaimana caranya tadi saya mengatur mindset saya di lapangan," ucap Apriyani.

Di partai final, Greysia/Apriyani akan bertemu dengan unggulan kedua dari Thailand, Jongkolphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai. Laga final besok akan menjadi pertemuan ketiga bagi kedua pasangan.

Pertemuan pertama terjadi di putaran pertama SEA Games 2017 perorangan, dimana Greysia/Apriyani kalah dengan skor 18-21, 20-22.

Di Korea Terbuka 2017, Greysia/Apriyani membalas dengan kemenangan straight gim, 21-15, 24-22.

"Kami tidak pilih-pilih lawan, mau lawan siapa saja, yang penting dari diri kami siap. Nanti kami akan menonton video pertandingan untuk mempelajari permainan mereka," tutur Greysia.

Greysia/Apriyani merupakan wakil Indonesia kedua yang lolos ke partai final. Satu tempat sebelumnya sudah diamankan nomor ganda putra lewat pertemuan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Nomor ganda campuran juga berpeluang untuk mengirim wakil ke final lewat Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang akan menghadapi duet China unggulan enam, He Jiting/Du Yue.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018