Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno mengapresiasi kegiatan vokasi untuk kewirausahaan bagi 100 wartawan yang diselenggarakan Rumah Kreatif (RKB) BUMN di Sumatera Barat.

"Vokasi kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan akses maupun tambahan informasi dan pengetahuan bagi jurnalis untuk dapat mengaktualisasikan diri, termasuk dibidang wirausaha," kata Rini dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Di sela rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat, Rini menjelaskan, bahwa vokasi kewirausahaan untuk wartawan bagian dari program "Sinergi BUMN Dukung Sumbar sebagai Destinasi Wisata" serta pemberian bantuan CSR untuk masyarakat Sumatera Barat.

"Kegiatan vokasi ini bertujuan untuk memberikan akses maupun tambahan informasi dan pengetahuan bagi jurnalis untuk dapat mengaktualisasikan diri, termasuk di bidang wirausaha," jelas Rini.

Setelah selesai mengikuti pelatihan, para jurnalis akan diajak melakukan sharing session (diskusi) dalam bentuk belajar mandiri.

RKB sendiri merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri.

RKB BNI di Padang adalah satu dari sejumlah RKB yang dikembangkan oleh Kementerian BUMN. Selain RKB dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, terdapat RKB dari BUMN lainnya, seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT Bukit Asam Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Selanjutnya, PT Perkebunan Nusantara II (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Jasa Raharja (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT PGN (Persero) Tbk, Perum Bulog, PT Pegadaian (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), dan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Sampai dengan 6 Februari 2018, UKM yang teregister di RKB mencapai 473.678, dengan UMKM unggulan sebanyak 11.087. UMKM dimaksud bergerak di bidang fashion/busana, makanan dan minuman, craft/kerajinan tangan, industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan sektor lainnya.

Selain vokasi kewirausahaan wartawan, Menteri Rini dijadwalkan akan meluncurkan "Sinergi BUMN Dukung Sumbar sebagai Destinasi Wisata" di Pantai Muaro Lasak, Padang. pada Kamis (8/2).

Dalam kesempatan ini, Menteri Rini akan didampingi oleh Ketua Umum PWI Pusat Margiono yang ditandai penekanan dengan tombol sirene dan pelepasan 1.000 balon.

Sebagai informasi, dukungan Kementerian BUMN pada pariwisata Sumbar, telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017.

Selain itu, sinergi BUMN juga telah memberikan vokasi untuk kewirausahaan dalam mendukung kegiatan pariwisata di Sumatera Barat.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018