Jakarta dan Surabaya, tujuan favorit libur Imlek

Jakarta dan Surabaya, tujuan favorit libur Imlek

Pemain kesenian Barongsai menghibur pengunjung sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Kuta, Bali, Minggu (11/2/2018). Pementasan Barongsai tersebut digelar pengelola pusat perbelanjaan untuk memeriahkan Hari Raya Imlek sekaligus menjadi daya tarik pengunjung dan wisatawan khususnya wisatawan asal Tiongkok. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Tahun ini, hari raya Imlek akan menjadi liburan akhir pekan panjang karena jatuh pada Jumat (16/2) mendatang.

Long weekend pada umumya menjadi kesempatan untuk berlibur ke kota lain, diperkirakan jumlah pemesanan tiket transportasi akan naik pada liburan Imlek tahun ini.

Biro perjalanan berbasis dalam jaringan Pegipegi dalam siaran pers mencatat terdapat kenaikan pemesanan tiket pesawat sebanyak 13,5 persen untuk Tahun Baru Imlek 2018 dibandingkan dengan akhir pekan biasa.

Situs lainnya, Traveloka, dalam keterangan terpisah menyatakan perjalanan pada libur Imlek meningkat sekitar 30-40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi dari kedua situs tersebut, kota yang menjadi tujuan liburan Imlek adalah Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Yogyakarta.

1. Jakarta
Ibu kota memiliki daerah Pecinan di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, yang memiliki kelenteng tertua di Jakarta, Jin De Yuan. Kawasan Glodok juga menawarkan makanan peranakan maupun pernak-pernik khas tahun baru China.

2. Surabaya
Kota ini juga menjadi salah satu tempat yang kaya akan budaya Tionghoa. Beberapa klenteng ditetapkan sebagai cagar budaya, seperti Klenteng Hong Tiek Hian dan Hok An Kiong.

3. Medan
Kota Medan juga dihuni komunitas Tionghoa yang sudah lama menetap di sana. Selain menawarkan wisata perpaduan budaya Melayu dan Tionghoa, Medan juga memiliki kawasan kuliner di Jalan Selat Panjang yang ramai hingga larut malam.

4. Denpasar
Pulau Bali merupakan tujuan wisata di musim liburan apa pun. Pulau yang terkenal memiliki pantai-pantai yang indah menjadi tujuan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

5. Yogyakarta
Kunjungi kawasan Pecinan terbesar di Yogyakarta, Kampung Ketandan untuk menikmati kemeriahan Imlek.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar