Biak (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama tiga pasangan calon Bupati Biak Numfor, Papua, mengelar deklarasi kampanye damai Pemilihan Kepala Daerah 2018, Senin.

Tim kampanye tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor sejak Senin pagi pukul 06.30 WIT telah menyiapkan fasilitas dan berbagai atribut deklarasi kampanye damai.

Pasangan nomor urut 1 jalur perseorangan calon Bupati Andreas Msen dan calon Wakil Bupati Yustinus Noriwari (Senior) di posko pemenangan Kampung Sorido telah menyiapkan kendaraan dan atribut paslon untuk mengikuti deklalaasi kampanye damai yang dilakukan KPU setempat.

Begitu juga di posko sekretariat pemenangan tim sukses calon Bupati nomor urut 2 paslon Bupati Biak Herry Ario Naap dan calon Wakil Bupati Nehemia Wospakrik (Han-New) telah memasang alat peraga kampanye dan bendera parpol pengusung di berbagai posko pemenangan Han-New.

Sedangkan di sekretariat koalisi tim pemenangan pasangan calon Bupati nomor urut 3 Nicodemus Ronsumbre dan calon Wakil Bupati Akmal Bachri (Normal) juga telah bersiap mengikuti deklarasi kampanye damai diselenggarakan KPU Biak Numfor.

Calon Wakil Bupati Akmal Bachri mengakui untuk penyiapan alat peraga kampanye pilkada serentak 2018 bagi setiap paslon akan disediakan KPU dengan ukuran dan jumlah yang sama.

Berbagai aparat pengamanan Pilkada serentak 2018 dari Polres Biak Numfor sudah mulai berjaga-jaga di sekretariat Panwas dan KPU serta lokasi tempat pelaksanaan deklarasi kampanye damai.

Sebelumnya, Komisioner KPU Biak bidang hukum dan pengawasan Nico Than mengatakan mengawali kegiatan kampanye Pilkada serentak 2018 tiga paslon akan mengikuti deklarasi kampanye damai.

"Untuk jenis kegiatan kampanye tiga pasangan calon terdiri tatap muka, pertemuan terbatas hingga kampanye terbuka di lapangan sudah dibagi sesuai dengan zona kampaye dari jadwal KPU," ungkap Komisioner KPU Nico Than.

Situasi kamtibmas Biak Numfor hingga saat ini sangat aman dan kondusif dimana berbagai aktivitas warga Biak tetap seperti angkutan umum, sekolah, bandara, pelabuhan laut dan pasar berjalan lancar.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018