Beirut (ANTARA News) - Salah satu dari sejumlah pemimpin paling ternama masyarakat Kurdi Suriah, pada Minggu (25/2), ditangkap di Praha atas surat perintah penangkapan Turki, ungkap sejumlah partai politik Kurdi.

Saleh Muslim, yang merupakan mantan salah satu ketua Partai Serikat Demokratik (Democratic Union Party/PYD), ditangkap pada Sabtu malam di ibu kota Ceko, menurut pernyataan koalisi partai politik yang mencakup Partiya Yekitiya Demokrat‎ (PYD).

Kantor berita Turk Anadolu melaporkan bahwa Saleh ditahan berdasarkan surat peringatan Interpol yang dikeluarkan oleh otoritas Turki. Mereka mengatakan dia akan hadir di hadapan pengadilan Ceko dan  otoritas Turki akan mengupayakan ekstradisinya.

Muslim termasuk di antara pejabat ternama Kurdi yang didakwa oleh Turki atas insiden pengeboman pada Februari 2016 di Ankara yang menewaskan 29 orang.

Dia menghadapi 30 hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah. Ankara mengatakan PYD dan sayap militernya, Unit Perlindungan Rakyat (Yekineyen Parastina Gel/YPG), bertanggung jawab atas serangan pengeboman itu, yang menargetkan sejumlah kendaraan militer.

Muslim tercantum dalam daftar orang yang dicari oleh Kementerian Dalam Negeri Turki. Sementara itu, dia membantah keterlibatannya dalam serangan itu, demikian seperti dilaporkan AFP. (kn)

Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018