Jakarta (ANTARA News) - Pada Academy Awards tahun lalu, Kevin O'Connell baru saja memecahkan rekor sebagai sosok paling sering dan paling lama diunggulkan di Oscar tanpa kemenangan. Aktor berusia 59 tahun itu masuk nominasi sebanyak 21 kali hingga 2017.

Selain dia, masih ada yang menghadapi nasib serupa, siapa saja?

Greg P Russell
Kemenangan O'Connell mungkin terasa agak pahit bagi Russell, yang masuk dalam kategori nominasi terbanyak tanpa kemenangan. Penata suara itu telah masuk dalam unggulan sebanyak 17 kali; sejak 2010 sampai 2013, dan tahun sebelumnya untuk film The Rock, Con Air, Armageddon, Pearl Harbor, dan Spiderman.

Roland Anderson
Dipekerjakan sebagai seniman sketsa pada dasawarsa '20-an, Anderson masuk unggulan sebanyak 15 selama masa jabatannya di Paramount, termasuk Moon River. Dia akhirnya pada 1989 tanpa pernah merasakan sekalipun kemenangan.

Alex North
Masuk unggulan sebagai komposer untuk film 1951's A Streetcar Named Desire, North adalah komposer pertama yang mendapat Oscar untuk Piala Pencapaian Seumur Hidup, pada 1986, setelah dia gagal pada kali 15 diaunggulan sebelumnya dia gagal membuat menang (Ennio Morricone adalah satu-satunya komposer lain yang menerima penghargaan semacam itu).

Baca juga: https://www.antaranews.com/berita/690177/film-terbaik-unggulan-oscar-2018-versi-google

Loren L Ryder
Dia memenangkan lima penghargaan "teknis" dan gelar kehormatan Academy Awards tanpa memungut piala kompetitif apapun, bahkan setelah 12 nominasi. Karya-karyanya yang paling terkenal termasuk Rear Window, The War of the Worlds, dan Double Indemnity.
 
George J Folsey
Folsey telah mengerjakan 162 film sejak 1919 dan masa pensiunnya pada 1976. Sebagai seorang direktur fotografi, dia dinominasikan 13 kali untuk Best Cinematography namun tidak pernah menang. Delapan bulan sebelum dia meninggal, American Society of Cinematographers memberikan Piala Capaian Seumur Hidup pada Folsey.

Roger Deakins
Deakins menjadi sinematografer pada beberapa film terbaik sejak seperempat abad yang lalu, termasuk The Shawshank Redemption, Fargo, O Brother, Where Art Thou? No Country For Old Men, The Reader and True Grit. Dia telah diunggulkan 13 kali di Oscar tanpa kemenangan.

Thomas Newman
Newman berasal dari keluarga yang mencintai musik. Sepupu Newman dan ayahnya, Alfred, memenangi sembilan Oscar. Dia masuk dalam unggulan 14 kali Academy Awards selama karirnya, termasuk untuk The Shawshank Redemption, American Beauty dan Finding Nemo, semuanya tanpa kemenangan.

Baca juga: https://www.antaranews.com/berita/688954/oscar-2018-kapan-dan-bagaimana-menontonnya

Federico Fellini
Fellini bergabung dengan Ingmar Bergman di kapel legendaris abad ke-20 tanpa kemenangan walau masuk 12 kali unggulan. Kesempatan pertamanya, setelah empat nominasi datang pada 1962 (La Dolce Vita). Dia langsung masuk empat Film Asing Terbaik dan meraih Oscar Kehormatan pada 1993, meskipun hal ini biasanya dihitung secara terpisah dari penghargaan utama.
 
Rick Kline
Kline menggarap sejumlah film legendaris, termasuk Star Wars, The Godfather, Rocky, Rambo, Harry Potter, X-Men, Fast and Furious, dan Top Gun. Dia punya 11 unggulan tapi tak pernah menang.
 
Anna Behlmer
Behlmer adalah wanita pertama yang dinominasikan dalam kategori Sound Terbaik (untuk pemenang Best Picture Braveheart 1996) dan telah terlibat dalam film-film LA Confidential, The Thin Red Line, dan Moulin Rouge. Dia sudah masuk dalam 10 nominasi tanpa kemenangan

Walter Lantz
Kepala studio Lantz ini sepuluh kali masuk dalam nominasi Academy Award, yang berlangsung dari tahun 1934 sampai 1956. Namun dia tak menerima satu pun piala sampai 1979, saat dia dianugerahi piala kehormatan.

Walter Scharf
Dia memenangkan Piala Emmy (The Undersea World of Jacques Cousteau) dan Golden Globe (Ben), namun tidak membawa satu piala pun dalam Academy Award meski telah 10 kali masuk dalam unggulan. Scharf dinominasikan untuk Willy Wonka and the Chocolate Factory lalu Ben (1972), dan Funny Girl (1968). Demikian seperti dilansir People.

Penerjemah: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018