Teheran (ANTARA News) – Tim penyelamat, Minggu (04/03), menemukan kotak hitam pesawat yang mengalami kecelakaan bulan lalu di pegunungan Iran barat daya dan menewaskan 66 orang, lapor media resmi.

“Kota yang merekam parameter penerbangan dan percakapan di kokpit itu telah diserahkan kepada otoritas pengadilan,” ujar Reza Jafarzadeh, direktur hubungan masyarakat organisasi penerbangan sipil Iran, kepada kantor berita resmi IRNA.

Jafarzadeh mengatakan bahwa kedua kotak hitam pesawat Aseman Airlines ATR-72 ditemukan pada Sabtu oleh tim penyelamat, yang melanjutkan operasi pencarian di pegunungan Zagros pada Jumat setelah cuaca buruk memaksa mereka untuk menghentikan upaya pencarian selama hampir sepekan.

Kotak hitam tersebut akan diserahkan kepada penyidik yang berusaha menetapkan penyebab kecelakaan. Pesawat yang melakukan penerbangan domestik dari Teheran itu mengalami kecelakaan di tengah badai salju pada 18 Februari dan jatuh pada ketinggian sekitar 4.000 meter.

Belum ada laporan korban selamat dari 66 penumpang dan kru pesawat itu.

Situs kecelakaan itu telah dilanda badai salju lebat dalam beberapa hari terakhir, membahayakan operasi penyelamatan karena risiko longsoran salju, menurut pejabat yang dikutip oleh media lokal, AFP.

Baca juga: Pesawat jatuh di Iran, 66 orang tewas

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018