Helsinki (ANTARA News) - Seorang diplomat senior Korea Utara tiba di Finlandia, Minggu (18/03), untuk melakukan pembicaraan dengan pejabat Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara mengenai rencana konferensi tingkat tinggi antara Donald Trump dan Kim Jong Un, menurut lansiran media setempat.


Choe Kang Il, wakil direktur urusan Amerika Utara Kementerian Luar Negeri Pyongyang, diperkirakan akan bertemu dengan pensiunan diplomat AS Kathleen Stephens, menurut beberapa pemberitaan.

Pertemuan tersebut digelar menyusul perundingan tiga hari antara pejabat Korea Utara dan Swedia di Stockholm yang tampaknya gagal membuka jalan untuk memungkinkan konfrensi tingkat tinggi AS-Korea Utara yang dihadiri kedua pemimpin negara itu.

Swedia berperan sebagai perantara utama antara negara Barat dan Korea Utara. Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho pada akhir pekan.

Trump pada bulan ini mengejutkan banyak pengamat dengan menyetujui pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un setelah ketegangan selama berbulan-bulan di semenanjung Korea atas program nuklir Pyongyang.

Namun, waktu dan lokasi pertemuan belum ditetapkan dan Korea Utara bahkan belum mengonfirmasi bahwa pihaknya mengajukan pertemuan itu, demikian AFP.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018