London (ANTARA News) - Bek Inggris Joe Gomez mengaku senang berkesempatan untuk belajar dari rekan setimnya di Liverpool, Virgil van Dijk, dan melihat dirinya sebagai "spons" yang akan menyerap pelajaran-pelajaran dari bek termahal di dunia itu.

Kepindahan Van Dijk pada Januari dengan transfer senilai 75 juta pound dari Southampton ke Anfield mungkin telah mengganggu ambisi jangka panjang Gomez untuk bergeser dari bek kanan ke jantung pertahanan, namun ia tidak melihat pemain internasional Belanda itu sebagai penghalang.

"Saya tidak melihat hal itu sebagai penghalang jalan saya atau hal seperti itu. Ini merupakan kesempatan hebat untuk belajar dari dirinya," kata Gomez (20) kepada media Inggris.

"Saya tidak stress berlebihan tentang hal itu atau paranoid mengenai orang lain yang datang. Merupakan hal hebat untuk berada di lingkungan, di mana saya dapat belajar dari pemain-pemain seperti itu. Saya hanya berusaha untuk menyerap semuanya dan menjadi 'spons' terbaik semampu saya."

"Menurut saya ia memiliki nuansa kehadiran yang hebat, semua orang dapat melihatnya. Ia sangat dominan pada cara bermainnya dan bahasa tubuhnya yang memperlihatkan ia memiliki kualitas dengan bola."

Baca juga: Virgil van Dijk, kado penuh drama dari Liverpool

Baca juga: Klopp minta stop bahas bayaran Van Dijk, fokus kualitasnya

Baca juga: Liverpool datangkan Van Dijk


Gomez mendapatkan panggilan timnas untuk pertama kalinya pada November dan mendapat pujian karena mampu tampil apik untuk mengatasi ancaman dari pemain Brazil Neymar saat kedua tim bermain imbang 0-0.

Ia mengakui bahwa dirinya masih membiasakan diri untuk berhadapan penyerang-penyerang terbaik di dunia dan juga belajar dari penyerang Liverpool Mohamed Salah, yang telah mengemas 36 gol di semua kompetisi sejak tiba di Anfield pada awal musim.

"Saya tidak yakin (siapa yang lebih baik), mereka berdua berkelas dunia," tambah Gomez. "Keduanya merupakan pemain-pemain luar biasa dan merupakan suatu kegembiraan bagi saya untuk bermain melawan talenta seperti itu."

"Harus terdapat keseimbangan dari menghormati kemampuan namun juga memahami bahwa ia merupakan lawan Anda dan Anda tidak boleh lengah terhadap dia, jika tidak Anda tidak melakukan hal yang baik. Saya berusaha untuk belajar sebanyak mungkin mengenai setiap lawan dan mempelajari ancaman-ancaman mereka."

Gomez mengundurkan diri dari skuad timnas Inggris untuk pertandingan persahabatan melawan Italia pada Selasa di Wembley, setelah ia menderita cedera pergelangan kaki saat menang 1-0 atas Belanda pada Jumat.

Baca juga: Joe Gomez mengundurkan diri dari timnas Inggris karena cedera

Pewarta: A. Rauf
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018