Jakarta (ANTARA News) - Bintang muda tim nasional Prancis, Kylian Mbappe, berhasil mencetak dwigol ketika negaranya mempecundangi Rusia 3-1 dalam laga persahabatan internasional di Stadion Krestovsky, Sankt Petersburg, Rusia, Rabu dini hari WIB.

Mbappe mencetak gol pertamanya untuk memecah kebuntuan lima menit jelang babak pertama usai, saat ia menerima umpan terobosan Paul Pogba dan melakukan tekukan ke dalam melewati Roman Neustadster dan melepaskan tendangan keras yang menaklukkan penjaga gawang Andrey Lunev di area tiang dekat.

Keunggulan itu tak membutuhkan waktu lama untuk digandakan, sebab Pogba mencetak gol ketika babak kedua baru berlangsung empat menit lewat eksekusi tendangan bebas jarak jauh yang melengkungkan bola tak terjangkau Lunev.

Rusia sempat mencetak gol balasan ketika umpan tarik pemain pengganti Igor Smolnikov berhasil melewati tiga pemain belakang Prancis dan disambut Fedor Smolov di area tiang jauh. Rusia satu, Prancis dua pada menit 68.

Gol itu sempat menerbitkan kemungkinan laga bakal berakhir buruk bagi Prancis yang beberapa hari lalu gagal mempertahankan keunggulan dua gol atas Kolombia dan malah kalah 2-3 dari tim tamu di hadapan publik Stade de France.

Beruntung, di tengah upaya Rusia memanfaatkan momentum kebangkitan berkat gol Smolov tersebut, Prancis berhasil merapatkan pertahanan mereka sembari tetap mengendalikan jalannya permainan.

Pada menit 83 gol kedua Mbappe memperlihatkan kepintarannya membuka ruang tembak selepas menerima umpan dari Blaise Matuidi dan mengolongi Lunev demi memastikan kemenangan Prancis 3-1 atas tuan rumah.

Baca juga: Swiss pesta enam gol ke gawang Panama

Baca juga: Mbappe jadi pemain termuda cetak gol ganda untuk Prancis


Kemenangan itu setidaknya menutup pekan laga persahabatan internasional Prancis dengan manis, membawa bekal mereka menuju fase penyisihan Grup C putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

Prancis tergabung di Grup C bersama Australia, Peru dan Denmark. Tim besutan Didier Deschamps itu akan mengawali kiprah di putaran final Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Australia pada 16 Juni.

Sementara tuan rumah melakoni laga pembuka Piala Dunia 2018 dengan menjamu Arab Saudi di Grup A, di mana mereka bersaing dengan Mesir dan Uruguay.

Susunan pemain Rusia vs Prancis seturut laman resmi FIFA :
Rusia (3-5-2): Andrey Lunev (PG); Vladimir Granat, Roman Neudstadter, Fyodor Kurdyashov (Denis Cheryshev); Aleksandr Samedov (Igor Smolnikov), Aleksandr Erokhin (Anton Shvets), Alan Dzagoev (Anton Miranchuk), Aleksandr Golovin, Yuri Zhirkov (Konstantin Rausch); Fedor Smolov, Aleksey Miranchuk (Anton Zabolotny)
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris (PG); Benjamin Pavard, Laurent Koscielny, Samuel Umtiti (Presnel Kimpembe), Lucas Hernandez; Paul Pogba, N'Golo Kante (Corentin Tolisso), Adrien Rabiot (Blaise Matuidi); Ousmane Dembele (Olivier Giroud), Kylian Mbappe (Thomas Lemar), Anthony Martial (Antoine Griezmann)
Pelatih: Didier Deschamps

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018