Kupang (ANTAR News) - Sebanyak 240 personel Polres Flores Timur diturunkan untuk mengamankan jalannya Prosesi Semana Santa di Larantuka, Ibu Kota Flores Timur.

"Kita turunkan 240 personel dengan tujuan agar pelaksanaan Semana Santa di Larantuka berjalan dengan aman," kata Kapolres Flores Timur AKBP Arri Vaviriyanto saat dihubungi dari Kupang, Kamis.

Ia mengatakan jumlah tersebut tidak hanya untuk pengamanan saat Prosesi Semana Santa di Larantuka saja, tetapi juga untuk pengamanan di desa Wureh Kecamatan Adonara Barat mulai Kamis pagi.

Arri menambahkan Polres Flores Timur tidak hanya bekerja sendiri dalam mengamankan jalannya perayaan Paskah di kota yang dikenal juga dengan sebutan Reinha Rosari itu.

Bantuan pengamanan juga datang dari Polda NTT dengan jumlah personel mencapai 65 personel dan 800 personel gabungan dari Pemuda Katoliik, GMIT, Pemuda Mesjid serta Pemuda Hindu Dharma di kota itu.

"Selain itu ada tambahan pengamanan dari Kodim 1624/Flores Timur berjumlah 30 personel," ujarnya.

Terkait sterilisasi sejumlah gereja di Flores Timur, Arri menambahkan akan dilakukan oleh Brimob Polda NTT yang dilakukan tiga jam sebelum gereja dimulai baik pagi dan malam.

Ia juga mengatakan untuk pengamanan di laut saat upacara prosesi Laskar Laut pada Jumat (30/3) besok, pengamanan laut akan dibantu oleh satu unit Kal dari Lanal Maumere, satu unit kapal Basarnas, satu Unit kapal Navigasi, satu unit kapal dari PolAirud Polres Flotim dan tiga unit kapal Patroli dari Ditpolair Polda NTT.

Arri menambahkan sampai sejauh ini situasi keamanan di Kota Larantuka tetap kondusif. Namun pihaknya selalu mewaspadai hal-hal yang apat menggangu jalannay perayaan Tri Hari Suci mulai misa Kamis Putih, Jumat Agung dan saat perayaan Paskah pada Sabtu malam nanti.

"Saya berharap masyarakat di kota ini bisa saling membantu untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kota ini," tambah Arri.Budi Suyanto

Baca juga: Reinha Rosari Larantuka mulai berkabung

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018