Konsumsi kacang-kacangan untuk jantung sehat

Konsumsi kacang-kacangan untuk jantung sehat

Ilustrasi biji dan kacang (pixabay.com)

Jakarta (ANTARA News) - Protein dari kacang-kacangan dan biji-bijian dapat bermanfaat bagi jantung manusia, seperti terungkap dalam studi International Journal of Epidemiology.
 
Dari riset tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein dari kacang dan biji-bijian berkurang risikonya mengalami penyakit kardiovaskular sebanyak 40 persen. 

"Sementara lemak makanan memengaruhi risiko penyakit kardiovaskular, protein juga mungkin memiliki efek yang penting dan sebagian besar diabaikan pada risiko," kata Gary Fraser, dari Loma Linda University di California.

Fraser mengatakan, ahli gizi terkadang memandang apa yang disebut "lemak jahat" dalam daging dan "lemak baik" dalam kacang dan biji sebagai agen penyebab munculnya masalah kardiovaskular.

Akibatnya, kacang dan biji secara tradisional termasuk dalam kategori "lemak baik". Padahal, dua makanan ini juga merupakan "protein yang baik" untuk kesehatan. 

"Bukti baru ini menunjukkan gambaran lengkap efek biologis protein dalam makanan," kata dia.

Diet sehat dapat didasarkan juga pada sumber protein, lebih sedikit dari daging dan lebih banyak dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Demikian seperti dilansir Indian Express.

Baca juga: Lawan efek buruk polusi udara lewat makanan ini

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar