Pontianak (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat didukung TNI menyiapkan sekitar enam ribuan personel untuk pengamanan debat calon gubernur Kalbar yang akan digelar di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Sabtu (7/4) malam.

"Sebelumnya dalam pengamanan keseluruhan jalannya Pilkada ini kami juga telah melakukan pendinginan suasana," kata Kapola Kalbar Irjen (Pol) Didi Haryono di Pontianak, Jumat.

Hal tersebut kata Kapolda sudah dilakukan bersama semua unsur mulai dari pasangan calon, tim sukses, kalangan unsur agama, etnis dan para tokoh masyarakat sampai terakhir hal ini juga dilakukan bersama-sama dengan berbagai ormas yang ada di Kalbar.

"Ini salah satu langkah-langkah pendinginan suasana dengan menyampaikan kepada publik bahwa Polda Kalbar bersama stakeholder yang di dalamnya ada juga unsur TNI dalam pengamanan jalannya Pilkada Kalbar sudah melakukan langkah-langkah positif," ungkapnya.

Ia menambahkan, langkah positif itu ialah pendinginan suasana jalannya seluruh tahapan Pilkada Kalbar. "Ini kami maksudkan supaya semua tahapan Pilkada dapat berjalan lancar, aman dan sukses," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar mengimbau agar jalannya debat publik pada hari H dapat berjalan lancar, dan masyarakat Kalbar tidak perlu berbondong-berbondong menghadiri debat cagub tersebut.

"Jalannya debat ini nantinya akan disiarkan langsung melalui salah satu stasiun TV lokal, jadi tidak perlu ramai-ramai datang ke Pontianak, cukup pasangan calon dan tim suksesnya saja yang datang menghadiri debat publik itu. Dan tim sukses ini pun juga dibatasi agar jalannya debat bisa berjalan lancar, dan secara keseluruhan kami bersama TNI siap mengamankan," katanya.

Pilgub Kalbar, diikuti oleh tiga pasangan cagub dan cawagub, yakni nomor urut satu Milton Crosby dan Boyman Harun, urut dua Karolin dan Suryadman Gidot, dan nomor urut tiga Sutarmidji dan Ria Norsan.

Baca juga: Kapolda Kalbar imbau polisi jaga netralitas

Baca juga: Komisi V berharap jalan Lintas Timur Kapuas Hulu Kalbar tembus Kaltim 2019

Baca juga: Tiga paslon ditetapkan ikuti Pilkada Kalbar

Pewarta: Andilala/Slamet
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018