counter

Trump ungkap perundingan pembebasan warga AS di Korut

Trump ungkap perundingan pembebasan warga AS di Korut

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. (REUTERS/Carlos Barria)

... ketika saya di sana tidak membuahkan hasil, saya akan dengan hormat meninggalkan pertemuan."
Palm Beach, Florida (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa perundingan sedang berlangsung untuk pembebasan tiga warga negaranya yang masih ditahan di Korea Utara (Korut).

"Kami juga berjuang dengan sangat tekun untuk mendapatkan kembali tiga warga negara Amerika Serikat. Saya pikir ada peluang bagus untuk melakukannya. Kami melakukan pembicaraan sangat baik," kata Trump dalam jumpa pers bersama dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Rabu (18/4), layaknya dilaporkan Reuters.

Pejabat tinggi pemerintah mengatakan Direktur CIA Mike Pompeo, yang mengunjungi Pyongyang secara diam-diam dalam beberapa pekan belakangan ini, mengangkat masalah tiga tahanan itu dalam pembicaraannya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un dan AS berharap mereka dibebaskan.

Baca juga: Direktur CIA gelar pertemuan rahasia dengan Kim Jong-un

Trump juga mengatakan berharap pertemuan dengan Kim untuk membahas denuklirisasi berhasil, namun dirinya akan keluar jika tidak berhasil.

"Jika kita tidak berpikir itu akan berhasil ... kita tidak akan melakukannya," kata Trump.

Ia menimpali, "Jika pertemuan itu, ketika saya di sana tidak membuahkan hasil, saya akan dengan hormat meninggalkan pertemuan."

Baca juga: Kepada AS, Korut nyatakan bersedia bahas denuklirisasi

Trump, yang sedang menjamu Abe dan istrinya di Resor Mar-a-Lago di Florida, mengatakan kampanye tekanan maksimum pada Korut akan berlanjut hingga Pyongyang setuju untuk menyerah pada senjata nuklirnya.

"Ada jalan terang untuk Korut ketika mencapai denuklirisasi menyeluruh dan dapat dipastikan serta tidak dapat diubah. Itu akan menjadi hari luar biasa bagi mereka. Itu akan menjadi hari luar biasa bagi dunia," demikian Donald Trump.

Baca juga: Trump: pertemuan dengan Kim Jong-un "Mei atau awal Juni"

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar