Jakarta (ANTARA News) - Laman berita CNN.com hari ini mencetuskan dua pertanyaan; Apakah Salah pemain terbaik di dunia? Bagaimana membandingkan satu musim dia dengan dua kekuatan dominan dalam satu dekade terakhir, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?

Faktanya di lima liga top Eropa tidak pernah ada pemain yang menciptakan gol sebanyak Salah.

Dalam 47 pertandingan, pemain asal Mesir itu sudah menjaringkan bola ke gawang sebanyak 43 kali, sedangkan Ronaldo 42 gol dari 39 pertandingan dan Messi menduduki urutan ketiga dalam daftar dengan 40 gol dari 50 pertandingan.

    Salah: 47 pertandingan, 43 gol, 13 assist
    Ronaldo: 39 pertandingan, 42 gol, delapan assist
    Messi: 50 pertandingan, 40 gol, 18 assist
    Neymar: 30 pertandingan, 28 gol, 16 assist

Sudah tak dipungkiri lagi, statistik Salah dalam semusim ini memang impresif.  Tetapi tentu saja dia harus melewati banyak musim jika ingin menyamai pengaruh Messi dan Ronaldo yang masing-masing sudah menciptakan 100 dan 121 gol dalamLiga Champions.

Baca juga: Roma jual Mohamed Salah karena dipaksa aturan

Manajer Liverpool Juergen Klopp sendiri mengakui hal ini dengan berkata, "Untuk menjadi yang terbaik di dunia Anda mungkin harus melakukannya dalam periode lebih lama."

Tetapi seperti Ronaldo dan Messi, Salah menciptakan gol-gol penting musim ini.

Dia selalu mencetak gol ke gawang klub-klub top, dua gol ke gawang Roma, tiga kali ke gawang juara Liga Premier Manchester City dan dua kali ke gawang Tottenham.

Masih ada statistik menawan lainnya dari dia, yakni hampir menyamai rekor gol terbanyak Liverpool dalam satu musim sebanyak 47 gol yang dimiliki Ian Rush. Salah sendiri menjadi pemain Liga Premier kelima yang terlibat pada minimal 40 gol dalam satu musim (33 gol, 10 assist).

Pertandingan liga tinggal tersisa empat liga dan semua ramalan menjagokan si Raja Mesir akan menciptakan gol lagi untuk memecahkan rekor.

Seandainya dia memimpin Liverpool ke final Liga Champions 26 Mei nanti, entah melawan Real Madrid atau Bayern Muenchen, dan apalagi sampai mengantarkan gelar juara Piala Eropa keenam untuk Liverpool maka dia akan terus disebut-sebut dalam dongeng Liverpool.

Baca juga: Mohamed Salah mengancam hegemoni Messi dan Ronaldo



 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018