Surakarta (ANTARA News) - Dua pecatur putra Indonesia dan tiga pecatur asing sama-sama mengumpulkan 1,5 poin setelah pertandingan babak kedua, Kamis siang, di turnamen grandmaster dan grandmaster putri JAPFA 2018 di Surakarta, Jawa Tengah.

Pecatur muda Indonesia FM Yoseph Theolifus Taher menyodok lewat kemenangan atas pecatur rekan senegaranya WGM Medina Warda Aulia dan mengemas 1,5 poin , menyusul hasil remis pada pertandingan babak pertama, Rabu (25/4) melawan GM Anton Demchenko (Rusia).

Sementara FM Novendra Priasmoro menambah 0,5 poin dari hasil remis melawan GM Nguyen Anh Dung, dan kini juga mengemas 1,5 angka, menyusul kemenangan pada babak pertama, Rabu, melawan GM Jayson Gonzales (Singapura).

"Opening gak enak, saya gak bisa masuk dan tidak berkembang, tapi lawan juga tidak bisa masuk menyerang," kata Novendra yang memegang buah hitam dengan pembukaan India Raja dan harus remis pada langkah ke-48 pada babak kedua itu.

Sementara itu tiga pecatur asing yaitu GM Timur Gareyev (AS), GM Ma Qun (China) dan GM Anton Demchenko (Rusia) juga mengemas 1,5 poin dari dua babak pertandingan.

Sementara di kategori putri, pecatur Indononesia tertinggal 0,5 poin dari tiga pecatur asing.

WIM Chelsie Monica Sihite yang mengumpulkan 1,5 dari hasil remis dan menang, terpaksa kalah unggul 0,5 poin dari WIM Mila Zarkovic Serbia) , WGM Anda Safranska (Prancis) dan WGM Frayna Janelle Mae (Filipina) yang ketiganya mengumpulkan 2 poin dari dua babak pertandingan.

Pada Kamis malam, masih akan dipertadingkan babak ketiga dari 12 babak pertandingan di turnamen tersebut.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018