Laos-Singapura pantau persiapan Indonesia laksanakan Asian Games

Laos-Singapura pantau persiapan Indonesia laksanakan Asian Games

Sejumlah atlet pelatnas loncat indah berlatih di Stadion Akuatik, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (12/4/2018). Cabang loncat indah diharapkan mampu membuat kejutan dengan meraih medali pada Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Gumay)

... Semakin dekat pelaksanaan, kunjungan delegasi NOC Asia semakin banyak pula...
Jakarta (ANTARA News) - Delegasi National Olympic Committe (NOC) dari Laos dan Singapura secara khusus datang ke Indonesia untuk memantau secara langsung persiapan tuan rumah dalam menghadapi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus - 2 September.

"Semakin dekat pelaksanaan, kunjungan delegasi NOC Asia semakin banyak pula. Ini akan menjadi motivasi kami untuk melakukan persiapan lebih intensif," kata Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Eris Herryanto, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat.

Untuk memantau persiapan kejuaraan empat tahunan baik di Jakarta maupun Palembang, NOC Laos mengirim lima orang, sedangkan Singapura mengirim tujun orang. Selama di Indonesia, perwakilan negara peserta itu juga melakukan peninjauan ke lokasi pertandingan.

Sasaran utama delegasi Laos dan Singapura ini adalah melihat dari dekat komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan. Selain itu juga meninjau kantor INASGOC serta Wisma Atlet di Kemayoran Jakarta.

Setelah melakukan peninjauan, delegasi Laos dan Singapura itu juga menggelar pertemuan khusus di INASGOC. Delegasi Laos dipimpin Wakil NOC, Soethanom Inthavong, sedangkan Singapura dipimpin Senior Manager Major Games, Tan Shufang

Pada pertemuan itu, dari INASGOC diwakili Koordinator Departemen Hubungan Internasional dan Protokol, Indra Kartasasmita. Dalam pertemuan, masing-masing delegasi dipersilahkan untuk menanyakan perihal persiapan Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018.

"Kami mencoba membantu menjawab semua pertanyaan dari delegasi NOC. Yang jelas pertanyaan ini juga akan menjadi masukan bagi kami," katanya.

Setelah Laos dan Singapura, kata Kartasasmita, negara peserta yang akan melakukan peninjauan adalah Jepang dan Filipina. Sebelumnya sudah ada Delegasi Taiwan yang mengontrol dari dekat persiapan Indonesia.

Persiapan Indonesia untuk menghadapi Asian Games 2018 memang terus dikebut dan saat ini sudah memasuki tahap final. Bahkan, hari ini Wakil Presiden, Jusuf Kalla, juga melakukan tinjauan ke beberapa lokasi yang akan digunakan untuk pertandingan.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar