Pemerintah diharapkan siap hadapi tiga peristiwa penting

Pemerintah diharapkan siap hadapi tiga peristiwa penting

Ilustrasi petani mengangkut gabah dalam karung menggunakan kereta sorong saat panen di Desa Sidorejo, Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu (7/10). (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR, Bambang Soesatyo, berharap pemerintah menyiapkan stok pangan dan BBM yang cukup dalam menghadapi tiga peristiwa penting hingga Agustus mendatang.

"Ketiga momen penting itu adalah, bulan suci Ramadhan hingga Lebaran, Pilkada serentak, serta Asian Games," kata dia, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, menghadapi tiga peristiwa penting itu, kebutuhan terhadap bahan pangan dan BBM tentu akan meningkat, sehingga pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait sebaiknya dapat meningkatkan stok bahan pangan dan pasukan BBM pada Juni hingga Agustus.

Dia juga berharap Budi Waseso yang baru menduduki jabatan sebagai direktur utama Perum Bulog dapat sigap meningkatkan pasokan bahan pangan, di antaranya beras, jagung, tepung terigu, dan gula.

Politisi Partai Golkar ini juga berharap Kementerian ESDM dan PT Pertamina dapat meningkatkan pasokan BBM untuk kebutuhan transportasi yang dipastikan makin intensif.

"Peningkatan pasokan BBM ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap BBM serta mengawasi dugaan adanya penimbunan BBM," katanya.

Pada kesempatan itu, dia juga berharap Komisi V DPR dan Komisi III DPR dapat mendorong Kementerian Perhubungan dan Polri dapat mempersiapkan diri menyediakan infrastruktur jalan raya dan ketertiban transportasi, guna memperlancar arus mudik.

Kemudian, dalam menghadapi pilkada serentak yang akan diselenggarakan di 171 daerah pada 27 Juni mendatang, dia meminta KPU dapat menyelenggarakan Pilkada secara baik, serta Bawaslu dan Polri dapat meningkatkan pengawasan.

"Pengawasan dalam setiap tahapan pilkada perlu dilakukan, karena bisa saja muncul potensi pelanggaran," katanya.

Soal penyelenggaraan Asian Games, mulai 18 Agustus, menurut dia, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta panitia penyelenggara diharapkan lebih mempublikasikan kegiatan itu.

"Greget Asian Games harusnya mulai dirasakan masyarakat, misalnya promosi yang makin intensif di ruang publik," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Natal dan Tahun Baru stok kebutuhan pangan di Pekalongan aman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar