Serang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama keluarganya melaksanakan ziarah kubur ke makam orangtua serta kakeknya di Kampung Gumulung, Kecamatan Ciomas, Kota Serang, Rabu.

Hal serupa juga dilakukan oleh sebagian masyarakat di Kota Serang, yakni melaksanakan tradisi ziarah kubur keluarga atau makam orang tua beberapa hari menjelang puasa Ramadhan 1439 Hijriah.

Ditengah kesibukannya sebagai Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy tidak melupakan kegiatan rutinnya berziarah ke makam orang tua menjelang bulan suci Ramadhan.

Memasuki jam istirahat, Andika memanfaatkan waktunya untuk berangkat ke lokasi pemakaman yang tidak jauh dari Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Andika datang bersama keluarganya unntuk berdoa di makam almarhum ayahandanya, Hikmat Tomet serta kakeknya Tubagus Chasan Sochib yang dimakamkan bersebelahan.

"Sudah menjadi kewajiban, sebelum bulan suci Ramadhan kami sekeluarga berziarah untuk berdoa ke makam orang tua di sini," katanya.

Andika mengatakan, berziarah dapat mengingatkan setiap manusia bahwa kehidupan didunia hanya sementara sedangkan kehidupan yang kekal di akhirat.

"Semua yang hidup pada akhirnya akan meninggal, oleh karenanya setiap nafas dan waktu yang diberikan Allah SWT harus dimanfaatkan untuk melakukan kebaikan," kata Andika.

Selain itu, kata dia, berziarah ke makam orangtua juga untuk meneruskan baktinya sebagai anak pada orangtua dengan mendoakan.

"Kita hormati orang tua, kita doakan orang tua, sebagai bakti kepada beliau yang telah menanamkan nilai-nilai kebaikan sejak kami kecil," kata Andika.

Sebagai kepala keluarga, Andika memimpin doa disamping makam ayahandanya, ditemani istrinya Adde Rosi Khoerunnisa dan adik bungsunya Ananda Trianh Salichan dan langsung menaburkan bunga ke makam ayahanda dan kakeknya.

Baca juga: Selama Ramadan, PNS Kota Manado kerja 32,5 jam sepekan

Baca juga: PDAM Banjarmasin akan siapkan 250 takjil setiap hari Ramadan

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018