Jakarta (ANTARA News) - Kue pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dibuat dari kue spons lemon dengan sirup elderflower, diisi dengan lemon-lemon Amalfi dan dilapisi buttercream elderflower.

Si pembuat kue, Claira Ptak dari Violet Bakery di London, mengatakan kue itu akan dihidangkan dalam tiga bagian berbeda, tidak bertingkat seperti kue pernikahan pada umumnya.

Tapi berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membuat kue pernikahan itu? Kensington Palace memang tidak mengungkapkan biayanya, tapi Delish menghitung-hitung perkiraannya.

Seperti kue pernikahan lainnya, harga kue pernikahan tergantung pada berapa orang yang harus dijamu.

Kue pernikahan Harry - Meghan akan diberikan pada 600 tamu resepsi makan siang di Hall St George. Duke dan Duchess of Cambridge juga menyajikan kue pernikahan mereka pada resepsi sore setelah menikah di Westminster Abbey pada 2011.

Ptak mematok biaya 1.057 dolar AS (Rp14,9 juta) untuk kue pernikahan yang disajikan kepada 150 orang, berdasarkan daftar harga di situs toko kuenya. Karena Meghan dan Harry butuh kue untuk 600 porsi, biaya kuenya akan mencapai 4.228 dolar AS (Rp59,7 juta). Tapi harga itu belum termasuk dengan tambahan biaya bunga segar dan ongkos kirim yang tidak ditulis di situsnya.

Ada kemungkinan Clair Ptak juga diminta membuat kue dengan porsi yang lebih banyak. 

Fiona Cairns, pembuat kue untuk Will dan Kate, sebelumnya mengatakan setelah dia dan timnya menyelesaikan kue delapan tingkat untuk pernikahan kerajaan Inggris, dia dan timnya kembali ke dapur di Istana Buckingham untuk memotong 600 potong kue terpisah untuk tamu yang hadir di resepsi sore. 

Cairns juga mengatakan ada tambahan 4000 potong kue buah dalam kaleng yang diberikan oleh Prince of Wales untuk para tamu sebagai hadiah.

Mengingat kue Harry - Meghan bukan kue buah yang bisa disimpan dan dipajang berbulan-bulan kemudian seperti punya Kate dan Will, 600 potong itu sepertinya hanya akan dipajang di resepsi. Namun bila Pangeran Charles memutuskan untuk mengirim 4000 potong lagi sebagai buah tangan, maka biayanya bertambah 28.192 dolar AS (Rp398 juta) dengan total 32.555 dolar AS (Rp460 juta).

Meski demikian, Ivy Jacobson, editor digital senior The Knot, mengatakan pada CBS News bahwa perkiraan harga kue pernikahan kerajaan Inggris memakan biaya lebih dari itu, persisnya 71.600 dolar AS (Rp1 miliar).

"Kau harus pikirkan biaya pengiriman, pemasangan," katanya. "Ada banyak pekerja, banyak hal yang memakan biaya, dan bila mereka harus memberi makan ratusan orang, maka harganya itu 71.000 dolar AS."

Baca juga: 31 fakta tentang Pangeran Harry yang belum diketahui

Baca juga: Pangeran Harry akan kenakan cincin pernikahan

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018