Tahun ini Apple mulai produksi prosesor A12 untuk iPhone

Tahun ini Apple mulai produksi prosesor A12 untuk iPhone

iPhone X resmi diluncurkan dalam sebuah acara yang disiarkan secara langsung dari Steve Jobs Theater di Apple Campus, Cupertino, California, Selasa (12/9) pagi waktu setempat atau Rabu (13/9) WIB. (apple.com)

Jakarta (ANTARA News) - Pemasok Apple TSMC telah memulai produksi massal prosesor untuk iPhone terbaru tahun ini, The Verge melaporkan, Rabu.

Chip yang akan dinamai A12 itu diharapkan akan menjadi yang pertama menggunakan proses 7-nanometer, chip yang telah digarap Apple selama bertahun-tahun.

Teknologi 7nm mengacu kepada kepadatan transistor pada chip, meskipun spesifikasi yang tepat dapat berbeda antar produsen.

Menggunakan proses yang lebih kecil memungkinkan chip menjadi lebih kecil, lebih cepat, dan lebih efisien, dan seiring waktu dapat menghemat biaya.

Prosesor tercanggih yang digunakan pada smartphone saat ini di antaranya adalah Apple A11 Bionic dan Qualcomm Snapdragon 845 yang dibuat dengan proses 10nm.

Samsung baru-baru ini juga mengumumkan akan mulai memproduksi chip 7nm tahun depan. Perusahaan asal Korea Selatan itu dulunya memproduksi chip iPhone dan berbagi produksi dengan TSMC untuk chip A9 di iPhone 6S, namun setelah itu TSMC menjadi mitra eksklusif SoC Apple.

Apple diperkirakan meluncurkan tiga model iPhone baru musim gugur ini dengan harapan pembaruan untuk iPhone X, varian berukuran Plus, dan perangkat dengan harga lebih murah dengan LCD 6,1 inci, demikian The Verge.
 

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar