Jakarta gratiskan ongkos Transjakarta sukarelawan Asian Games

Jakarta gratiskan ongkos Transjakarta sukarelawan Asian Games

Ilustrasi - Transjakarta sambut Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah DKI Jakarta akan menggratiskan ongkos Transjakarta untuk para sukarelawan dan para jurnalis peliput Asian Games di Jakarta menyusul dukungan dua pemangku kepentingan itu terhadap kesuksesan penyelenggaraan.

"Kami akan memberikan bebas biaya bagi pengguna Transjakarta, khusus untuk wartawan peliput dan sukarelawan Asian Games," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selepas menggelar rapat dengan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INSAGOC) di Jakarta, Kamis.

Ketua INSAGOC Erick Thohir mengatakan dukungan layanan itu menambah layanan Asian Games untuk para atlet dan ofisial peserta Asian Games ke-18 di Jakarta, terutama saat penyelenggaraan pada 18 Agustus hingga 2 September.

"Kami mengharapkan dukungan pada saat penyelenggaraan dari berbagai lapisan lembaga pemerintah, khususnya Pemerintah DKI Jakarta," kata Erick dalam rapat itu.

INASGOC menilai dukungan layanan kepada para jurnalis peliput Asian Games dibutuhkan menyusul pemangku kepentingan itu yang turut berperan dalam mempromosikan Asian Games kepada masyarakat.

Para sukarelawan dan jurnalis peliput Asian Games hanya perlu menunjukkan kartu akreditasi mereka kepada petugas Transjakarta untuk dapat memanfaatkan layanan bebas biaya itu.

Sebelumnya, INASGOC akan memfokuskan latihan persiapan upacara pembukaan di Lapangan C komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

"Stadion Utama masih ditutup alas plastik seperti ini agar tidak hancur lapisan bawahnya. Sedangkan peserta upacara pembukaan berlatih di lapangan C, tapi banyak kegiatan yang bersifat tertutup seperti baju atau kegiatan intinya," kata Erick.

INASGOC menggulung rumput di lapangan Stadion Utama GBK sebagai langkah pemasangan armor deck untuk persiapan upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Untuk mempersiapkan upacara pembukaan nanti, kami akan ambil rumput di lapangan Stadion Utama dan memasang pelapis `armor deck` sehingga lapisan bawah stadion tidak rusak meski kami menggunakan berton-ton peralatan," kata Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto.

Penanggung jawab upacara pembukaan dan penutupan INASGOC Herty Purba mengatakan pemindahan rumput di Stadion Utama akan berlangsung pada Rabu (16/5) mulai pukul 00.00 WIB.

"Kami akan mulai gulung rumput di lapangan pada tengah malam dan memasang armor deck sekitar enam jam setelah itu. Armor deck akan dipasang baik di lapangan berumput ataupun lintasan lari," kata Herty.

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar