Jakarta (ANTARA News) -  Rumah Sakit Siloam Sriwijaya menyatakan kesiapan guna menyambut dan mendukung Asian Games ke 18  yang akan diadakan di Jakarta - Palembang pada Agustus 2018 mendatang. 

Dukungan diberikan melalui layanan kesehatan berupa pengadaan klinik beserta kelengkapannya bagi para atlet internasional dan masyarakat yang hadir dalam pesta olahraga terbesar di benua Asia tersebut.

"Kami siap mendukung Asian Games 2018. Nantinya, dari awal pembukaan Asian Games di Palembang, kami siapkan Klinik kesehatan. Meski berstatus klinik namun layanan tetap mengedepankan layanan internasional. Ada dua petugas kesehatan dan satu ambulance beserta kelengkapannya untuk membantu panitia guna menjalani prosedur penanganan kecelakaan tingkat pertama, khususnya bagi para atlet. Tidak tertutup masyarakat yang menonton pun dapat memanfaatkan layanan ini apabila terjadi sesuatu pada kesehatan mereka," kata Dr. Harijanto Solaeman MM., Direktur Siloam Sriwijaya, daam keterangannya, Minggu.

Menurut Harijanto Solaeman, klinik kesehatan guna mendukung layanan kesehatan di Asian Games 2018 akan bertempat di depan komplek Jakabaring Sport City (JSC), areal  tempat berlangsungnya Asian Games 2018.

"Klinik ini bernama Siloam Jakabaring dengan fasilitas yang bertaraf internasional selama berlangsungnya Asian Games 2018 di Palembang. Apabila atlet mengalami kecelakaan fatal, perawatan di klinik Siloam Jakabaring akan kami lanjutkan ke Rumah sakit Siloam Sriwijaya. Tapi kami harap kecelakaan fatal jangan sampai terjadi," katanya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah menunjuk Manajemen Rumah Sakit Siloam Sriwijaya turut berpartisipasi sebagai salah satu official kesehatan guna mendukung pesta olahraga terbesar se Asia yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali. 

Adapun paska berakhirnya Asian Games,  klinik Siloam Jakabaring akan tetap beroperasi guna melayani masyarakat termasuk bagi para pasien pemilik kartu BPJS.

Rumah Sakit Siloam Sriwijaya sejak Mei 2017 telah menjalin kerjasama dalam program BPJS Kesehatan dan sejak Maret 2018 rumah sakit inipun telah menjalin kerjasama dalam program BPJS Ketenagakerjaan. 

Sebelumnya pada Jumat (25/5), RS ini juga memberikan bantuan dan buka puasa bersama Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Di Palembang. 

Baca juga: Sejumlah penyanyi Indonesia ikut sukseskan Asian Games

Baca juga: Produk kertas Riau dukung Asian Games 2018

 

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018