Jakarta (ANTARA News) - Prosesi pengambilan api untuk obor Asian Games 2018 di India akan menjadi peristiwa simbolik karena diselenggarakan di Stadion Nasional Dhyan Chand, dekat dengan India Gate, kata Duta Besar Indonesia untuk India Sidharto R. Suryodipuro.

India Gate adalah monumen nasional yang terletak di jantung New Delhi, yang dibangun untuk memperingati puluhan ribu tentara India yang gugur mendukung Britania dalam Perang Dunia I. Setelah kemerdekaan India, sebuah bangunan peringatan ditambahkan di lokasi tersebut yakni Amar Jawan Jyoti (api gelora tentara abadi) untuk mengenang para tentara tidak dikenal yang gugur dalam Perang Indo-Pakistan pada Desember 1971.

"Akan ada tim dari Indonesia yang akan ke India untuk mengambil api, ini akan menjadi kegiatan yang cukup simbolik," kata Dubes Arto dalam wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Senin (28/5).

Saat ini, pihak RI dan India masih mempersiapkan prosesi pengambilan api obor Asian Games 2018 yang akan melibatkan atlet kedua negara.

"Nanti apinya akan diestafetkan oleh atlet India ke atlet Indonesia," tutur Dubes Arto.

Api untuk Asian Games 2018 akan mulai dinyalakan menggunakan cermin parabola yang diarahkan ke sinar matahari pada 15 Juli di Stadion Nasional Dhyan Chand, kemudian dibawa dalam pawai budaya sepanjang tiga kilometer melewati tempat-tempat bersejarah di India.

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan meneruskan tradisi yang dimulai pada Asian Games 2014 di Incheon terkait asal api. Sejak empat tahun lalu, obor Asian Games dinyalakan di lokasi pertama kali Asian Games digelar pada 1951, yakni Stadion Nasional Dhyan Chand.

Api obor Asian Games kemudian dibawa dengan pesawat udara khusus pada 18 Juli ke Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dimana terdapat api abadi yang sudah dikenal sejak Kesultanan Demak pada abad ke-15.

Pawai obor Asian Games akan melintasi Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua Barat, kemudian berlanjut ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan menyeberang ke Pulau Sumatera yang dimulai dari Aceh.

Perjalanan akan berlanjut ke Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, hingga Lampung. Kirab obor akan kembali ke Pulau Jawa dan melintasi Banten, Jawa Barat, sebelum tiba di DKI Jakarta pada 15 Agustus.

Bentuk obor Asian Games 2018 merupakan paduan dua alat bela diri tradisional Betawi dan Palembang yang akan menjadi wadah bagi api abadi Asian Games untuk berkobar.

Perpaduan dua alat bela diri tradisional itu, golok dan skin, menjadi penggambaran ragam budaya Indonesia yang bersatu dalam tujuan.

Obor berwarna dominan perak itu menggunakan bahan bakar propane gas untuk menjaga api tetap menyala.

Baca juga: Pawai obor jadi penekanan promosi Asian Games

Baca juga: INASGOC perkenalkan obor Asian Games pada H-100

 
Arsip. Ketua INASGOC Erick Thohir (kiri) bersama Menko Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani memegang obor Asian Games 2018 dalam peringatan H-100 jelang pembukaan Asian Games dalam sebuah acara di stasiun televisi di Jakarta, Kamis (10/5/2018). (Humas INASGOC)

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018