Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memberikan pesan khusus saat upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Kemarin, Gunung Merapi kembali meletus beberapa kali pada Jumat (1/6) sehingga mengakibatkan warga mengungsi, hujan abu hingga sejumlah bandara ditutup.

1. Presiden: Hari Lahir Pancasila momen pemacu aktualisasi
Presiden Joko Widodo mengatakan Peringatan Hari Kelahiran Pancasila harus dimaknai sebagai momen pemacu untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

2. KPK temukan Rp1,9 miliar di rumah dinas bupati Bengkalis
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan barang bukti uang senilai Rp1,9 milliar dalam penggeledahan di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Bengkalis, Provinsi Riau, Jumat.

3. Buka Bersama Katedral
Umat Islam mengikuti acara buka puasa bersama di aula Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (1/6/2018). Kegiatan buka bersama yang digagas Komunitas Kerja Bhakti Demi Negeri itu bertujuan untuk meningkatkan rasa toleransi antarumat beragama.

4. Merapi semburkan asap setinggi 2.500 meter dalam letusan kedua
Gunung Merapi dengan wilayah meliputi sejumlah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istiewa Yogyakarta mengalami letusan kedua pada Jumat, pukul 20.24 WIB dengan material yang keluar membentuk kolom asap mencapai ketinggian sekitar 2.500 meter dari puncak.

5. Lontaran material Merapi bakar hutan
Lontaran material batuan dari puncak Gunung Merapi membakar sebagian kecil hutan di sekitar puncak gunung berapi yang mengalami lanjutan letusan pada Jumat sekitar pukul 08.20 WIB.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018