Jakarta (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk memastikan sebagian besar atau lebih dari 96 persen jalur mudik utama di sepanjang jalur jalan raya Pulau Jawa telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE.

"Khusus jalur mudik Merak-Cirebon dan Cirebon-Solo dalam uji jaringan jangkauan 4G LTE, bahkan sudah mencapai 99 persen. Untuk Lebaran 2018, XL berkomitmen menyajikan layanan akses digital, yaitu lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D, Yosetya, di Jakarta, Senin.

Menurut Yessie, jaringan 3G/4G XL Axiata juga semakin luas dengan penambahan 8.500 BTS baru sebelum Lebaran 2018.

Ia menjelaskan, saat ini harusnya semakin banyak masyarakat dan pelanggan yang bisa mendapatkan akses digital karena jaringan data XL Axiata telah menjangkau 93 persen populasi Indonesia, termasuk kabupaten dan kecamatan di luar Jawa.

Untuk jalur kereta api Jakarta-Surabaya, jaringan 4G LTE telah mencakup lebih dari 90 persen. Tidak hanya di Jawa, jaringan 4G LTE XL Axiata juga sudah bisa dinikmati masyarakat di 94 persen area di sepanjang jalur mudik utama Sumatera dan 66 persen area jalur mudik di Kalimantan.

XL Axiata berharap masyarakat dan pelanggan bisa mendapatkan layanan akses digital yang lebih baik lagi untuk mendukung aktivitasnya selama pulang kampung dan libur panjang Lebaran.

Demi meningkatkan kualitas akses digital, secara teknis, XL Axiata telah menerapkan sejumlah teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas layanan data. Beberapa di antaranya adalah Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G. Termasuk dalam Teknologi 4.5G ini adalah LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO. Saat ini, layanan 4.5G sudah tersedia di sekitar 100 kota.

Karena itu menurut Yessie, XL Axiata tak begitu kesulitan untuk memperkuat jaringan di sepanjang jalur utama transportasi darat di pulau-pulau besar tersebut. Di Jawa, jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan, termasuk di sepanjang jalur kereta api, hampir semuanya telah terselimuti layanan 4G LTE.

XL Axiata pun telah menyiapkan jaringan internet cepat tersebut di sepanjang jalur jalan tol trans Jawa, dari Jakarta?Surabaya, termasuk di banyak ruas tol baru. Ini juga mencakup ruas tol yang masih fungsional.

"Hasilnya, lebih dari 97 persen area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya itu sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Untuk jalur utama non-tol yang menyusuri sepanjang pantai utara Jawa, ruas yang ter-cover 4G LTE mencapai lebih dari 95 persen dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90 persen. Pada jalur kereta api, lebih dari 90,5 persen mencakup 4G LTE," ujarnya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018