Baikonur (ANTARA News) - Seorang awak yang relatif tidak berpengalaman dari dua astronaut dan seorang kosmonaut pada Rabu (06/06) diterbangkan dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan untuk misi lima bulan di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Astronaut Jerman Alexander Gerst dari European Space Agency, Serena Aunon-Chancellor dari NASA dan Sergei Prokopyev dari Roscosmos Rusia diterbangkan ke langit dalam kondisi cuaca yang hangat dan kering pada pukul 11.12 GMT. Mereka dijadwalkan tiba di ISS Jumat esok.

Ketiganya hanya total memiliki satu misi di antara mereka - misi pertama Gerst (42) di ISS adalah pada 2014 - membuatnya menjadi salah satu misi dengan kru kurang berpengalaman untuk menuju ISS dalam beberapa tahun terakhir.

Prokopyev (43), akan menjadi komandan penerbangan awak itu dalam perjalanan selama dua hari ke ISS meski belum pernah terbang ke ruang angkasa sebelumnya.

Aunon-Chancellor (42), yang mengikuti ayahnya memasuki bidang teknik sebelum mengikuti pelatihan untuk menjadi astronot sekaligus juga seorang dokter praktik, baru dikonfirmasi oleh NASA untuk misi itu pada awal tahun.

Mengutip AFP, ISS telah mengorbit Bumi dengan kecepatan sekitar 28.000 kilometer per jam sejak 1998.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018