counter

Bamsoet: Kemenhub-Polri awasi kesiapan tol untuk pemudik

Bamsoet: Kemenhub-Polri awasi kesiapan tol untuk pemudik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (ANTARA Foto/Wahyu Putro A.)

Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Kementerian Perhubungan dan Polri harus benar-benar memastikan kesiapan lima jalur tol yang masih bersifat fungsional untuk kenyamanan dan keamanan pemudik lebaran 2018. 

"Jalur tol fungsional yang akan dibuka harin Jumat (8/6) besok, harus tetap mengutamakan keamanan pemudik," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, Kementerian Perhubungan dan Polri harus mematangkan koordinasi dalam mengawasi arus mudik lebaran di jalan tol fungsional, karena kondisi tol fungsional tersebut masih berada di bawah standar tol operasional dan rawan terjadi kecelakaan.

Kelima  ruas tol yang akan mulai difungsikan Jumat besok adalah, ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, serta Ngawi-Kertosono, yang seluruhnya merupakan ruas bagian dari tol trans Jawa. 

Mantan ketua Komisi III DPR RI  itu juga meminta Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di jalur tol ataupun ruasjalan non-tol, terutama di rest area yang berpotensi menjadi titik kemacetan. 

Bamsoet juga meminta, masyarakat yang mudik melalui jalur darat agar benar-benar mempersiapkan kelayakan kendaraannya, dengan memperhatikan mesin dan rodadalam kondisi baik, BBM terisi penuh, serta pengemudi selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas jalan dan arahan petugas di lapangan, agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar, aman dan nyaman.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Puan Maharani pede dicalonkan jadi Ketua DPR RI

Komentar