Lisbon (ANTARA News) - Penyerang Portugal Goncalo Guedes memberikan impresi kuat untuk mendapatkan tempat di tim Piala Dunia dengan mencetak dua gol saat mereka menang 3-0 atas Aljazair pada pertandingan pemanasan terakhir mereka pada Kamis.

Saatnya sangat tepat bagi pemain 21 tahun itu, yang terjadi sehari setelah pelatih Fernando Santo mengatakan ia masih memiliki keraguan seputar komposisi tim inti untuk pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Spanyol pada 15 Juni.

Sang juara Eropa juga akan berhadapan dengan Iran dan Maroko pada pertandingan putaran grup, sedangkan Aljazair, yang mencapai 16 besar pada 2014, gagal lolos ke Rusia.

Baca juga: Pertahanan Portugal kembali diuji saat ditahan imbang Tunisia

Portugal menggempur sejak awal dan Cristiano Ronaldo, yang memainkan pertandingan pertamanya sejak final Liga Champions pada 26 Mei, mencetak gol yang tidak disahkan akibat offside.

Guedes, dengan koleksi sembilan penampilan dan satu gol sebelum laga Kamis, membawa Portugal memimpin pada menit ke-17 setelah William Carvalho mengirim bola panjang melewati pertahanan Aljazair, dan sundulan Bernando Silva meneruskannya dengan sundulan menuju alur pergerakannya.

Ronaldo mengkreasikan gol kedua pada menit ke-37 ketika ia melejit di sisi kiri dan mengirimkan umpan silang yang ditanduk Bruno Fernandes untuk menjadi gol internasional pertamanya.

Pergerakan serupa mengawali gol ketiga, ketika Raphael Guerreiro berlari di sisi kiri dan Guedes menyambut umpan silangnya dengan tandukan keras ke bagian atas gawang pada menit ke-55.

Baca juga: Santos masih ragu susun tim inti Portugal

Pertahanan Portugal, yang terlihat tidak meyakinkan dalam beberapa pertandingan terakhir, meredam ancaman serangan Aljazair dengan baik dan Rui Patricio hanya perlu melakukan satu penyelamatan, dari upaya pemain pengganti Baghdad Bounedjah.

"Ada beberapa hal bagus dan banyak hal yang masih harus diperbaiki, namun 20 menit pertama sangat bagus," kata pelatih Santos, yang menolak memberi bocoran mengenai tim intinya.

"Sebanyak 23 pemain seluruhnya telah siap untuk bermain, itulah yang paling penting," kata Santos, dilaporkan Reuters.

(H-RF/T013)

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018