Jakarta (ANTARA News) - Dua pemimpin dunia yang saat ini sedang menjadi orang-orang yang paling menarik perhatian manusia sejagat --Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un-- sudah berada di Singapura untuk bertemu dalam KTT sangat bersejarah karena untuk pertama kalinya seorang presiden AS dan seorang pemimpin Korea Utara bertemu berhadap-hadapan dengan isu tak kalah sensasional, denuklirisasi.

Kim tiba lebih dulu dari Trump yang menuju ke Singapura langsung dari Kanada usai menuntaskan Pertemuan Negara-negara G7 di negara di bagian utara benua Amerika itu.

ABC.net.au mewartawakan, Kim tiba di Singapura, Minggu sore kemaren, dengan menumpang pesawat pinjaman dari Tiongkok, dari maskapai komersial Air China.

Sebuah limusin besar berbendera Korea Utara diiringi rombongan kendaraan hitam-hitam dengan jendela tebal dipacu membelah jalan-jalan di negara kota itu menuju Hotel St Regis yang pernah diinapi oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Sekitar 750 meter dari hotel itu, Trump yang tiba di Singapura beberapa jam kemudian, akan menginap di Hotel Shangri-La.

Baca juga: Antre berjam-jam di tepi jalan demi Donald Trump dan Kim Jong Un

Para pengawal berjas gelap menjaga ketat limusin pembawa Kim, sementara pasukan pengamanan presiden Korea Utara yang wajahnya angker-angker memperingatkan semua tamu Hotel St Regis untuk tidak mengambil foto Kim begitu sang pemimpin tiba di hotel itu untuk turun dari limusin Mercedes Benz yang membawanya.

Kim hanya pernah tiga kali ke luar negeri sejak berkuasa menggantikan mendiang ayahandanya Kim Jong Il pada akhir 2011. Dua di antaranya pergi ke Tiongkok, dan sekali melintasi perbatasan Korea Selatan-Korea Utara, dua bulan lalu, guna bertemu dengan presiden Korea Selatan.

Begitu tiba di Singapura, dia menjumpai Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di istana kepresidenan.

Akan halnya Trump. Sebagaimana presiden-presiden terdahulu Amerika, dia terbang menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One, dari Kanada, usai menghadiri pertemuan G7 yang tegang dan penuh retorika keras.

Baca juga: Singapura keluarkan Rp209 miliar untuk KTT Donald Trump-Kim Jong Un

Dia mendarat di Pangkalan Udara Paya Lebar untuk disambut Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Saat ditanya wartawan bagaimana perasaannya menghadapi KTT itu, Trump menjawab "Bagus sekali." Setelah itu dia bergegas masuk limusinnya yang membawanya ke Hotel Shangri-La.

Trump juga akan bertemu dengan PM Lee hari ini, demikan laman ABC.

Baca juga: Trump dan Kim Jong Un sudah di Singapura, siap bahas perdamaian abadi
 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018