Cikopo, Jawa Barat (ANTARA News) - arus kendaraan di Jalan Tol Cikampek arah timur Selada pagi hari ini terpantau lancar sampai Gerbang Tol Cikarang Utama dengan kondisi cuaca cerah.

Wartawan Antara yang memantau dari udara menggunakan helikopter bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Cikopo, melaporkan kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

Kondisi jalan tol mayoritas diisi oleh kendaraan pribadi, bus, mobil tanki BBM, sementara truk tidak terlihat sama sekali.

Kondisi lalu lintas agak terjadi kemacetan keluar dari gerbang Tol Cikarang Utama menjelang Rest Area 39 saat banyak kendaraan yang ingin masuk ke lokasi ini.

Namun setelah Rest Area 38 kondisi jalan tol lancar dan banyak mobil yang memacu dalam kecepatan tinggi.

"Kondisi lalu lintas dari pantauan udara secara umum berjalan lancar tak terjadi kemacetan parah," kata Budi.

Sementara arus sebaliknya dari arah barat ke timur, kondisi lancar dan tak banyak kendaraan yang melintas di tol ini.

Dari udara juga terlihat puluhan pengendara sepeda motor melinras di jalan nasional nontol yang juga mudik.

Menhub mengatakan data tiga hari terakhir menunjukkan terjadi penurunan terhadap jumlah kendaraan roda dua sebesar 12 persen dan juga penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 30-40 persen.

Jadi waktu tempuhnya juga berkurang. Namun juga telah terjadi kenaikan pada jumlah kendaraan roda empat sebesar 40 persen.

Kepadatan kendaraan, kata Budi, juga antara lain dipengaruhi banyaknya angkutan gratis seperti mudik gratis bus dan kerera api serta kapal laut.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018