Jakarta (ANTARA News) - Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Rabu, Stasiun Senen di Jakarta masih dipadati pemudik yang diperkirakan mencapai 25.075 orang. 
     
"Keberangkatan Kereta Api di Stasiun Pasar Senen ada 34 kereta api, yang terdiri dari 26 kereta api reguler dan 8 kereta api tambahan, dengan volume penumpang sebanyak 25.075 penumpang, dari pagi hingga malam hari," kata Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eddy Kuswoyo, di Jakarta, Rabu. 
     
Menurut dia,  saat ini tidak ada puncak mudik. Sejak H-7 sampe saat ini volume penumpang di Stasiun  Pasar Senen sesuai kapasitas yakni 25.000.

Berdasarkan data keberangkatan yang dikeluarkan oleh Media Center Stasiun Pasar Senen pada hari ini sebanyak 26 kereta reguler yang diberangkatkan membawa sebanyak 19.418 pemudik. Sementara 9 kereta tambahan yang diberangkatkan akan membawa sejumlah 5.576 pemudik. 
     
Stasiun Pasar Senen sudah mulai memberangkatkan pemudik ke kampung halaman sejak pukul 05.25 WIB pagi dengan tujuan Stasiun Kutoarjo sebanyak 873 penumpang.
     
Dilanjutkan dengan kereta api tambahan yang berangkat pukul 05.45 WIB dengan jurusan Stasiun Cirebon sejumlah 527 penumpang. 

Keberangkatan juga dilakukan pada pukul 06.15 WIB dan 06.45 WIB dengan jurusan Stasiun Tugu Yogyakarta serta Lempuyangan sejumlah 526 dan 742 penumpang. 

Dan keberangkatan yang terakhir di update adalah kereta jurusan Stasiun Tegal yang diberangkatkan pada pukul 07.35 WIB dengan jumlah 870 penumpang.
     
Edy mengatakan petugas telah mengantisipasi kepadatan penumpang dengan sejumlah cara.
     
"Kami telah membagi tiga zona untuk mengantisipasi membludaknya arus. Zona tiga adalah arena ini (pelataran stasiun dan area parkir), zona dua ruang tunggu, dan zona satu di peron," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pengamanan gabungan mulai dari TNI, Polisi, dan petugas PT KAI sekitar 70 personel.

"Itu kami siapkan pengamanan mulai dari Polsek, Polres, Garnisun, TNI, dan petugas jumlahnya sekitar 60 sampai 70 per hari," ucap Eddy.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018