Moskow (ANTARA News) - Polandia mengandalkan Robert Lewandowski, sementara Senegal mengandalkan Sadio Mane. Kedua pemain sama-sama menempati posisi sebagai juru cetak gol, dan menorehkan prestasi menjulang di klub masing-masing.

Polandia menjajal Senegal dalam laga Grup H Piala Dunia 2018, yang diadakan di Spartak Stadium, Moskow, pada Selasa, pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 22.00 WIB. Pertandingan itu siap ditayangkan Trans TV.

Lewandowski yang didapuk sebagai kapten Timnas Polandia mampu mencatatkan prestasi jempolan di babak kualifikasi, dengan membukukan 16 gol dalam 10 pertandingan. Ini berarti setengah dari koleksi gol Timnas Polandia yang seluruhnya berjumlah 28 gol.

Ia juga menyabet predikat sebagai pencetak gol terbanyak di Bundesliga dengan mencetak 29 gol manakala membela Bayern Muenchen, dari 41 pertandingan secara keseluruhan, sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Baca juga: Lewandowski cetak gol terbanyak di Liga Jerman

Untuk merayakan kehebatan pemain itu, pada malam penyelenggaraan Piala Dunia, kantor pos Polandia merilis lima juta perangko dengan mencantumkan inisial RL9 beserta wajah Robert Lewandowski.

Polandia hanya membukukan dua clean sheets dalam babak kualifikasi, dan mempunyai catatan buruk berkaitan dengan lini pertahanan di antara peserta asal Eropa yang berlaga di Piala Dunia.

Polandia kini benar-benar berhadapan dengan ketajaman striker Liverpool Sadio Mane yang membela Senegal.

Mane mencetak 20 gol bagi The Reds dalam seluruh kompetisi, mencakup 10 gol di ajang Liga Champions. Dia berkolaborasi bersama dengan Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Torahan ini hanya berada di bawah capaian Cristiano Ronaldo yang membukukan 15 gol.

Senegal kini dilatih oleh mantan pemain Birmingham City dan gelandang Portsmouth, Aliou Cisse, yang juga menjadi kapten Timnas Senegal dalam Piala Dunia 2002. Saat itu mereka lolos sampai kuarter-final.

Cisse mengatakan, "Sadio Mane pemain yang uni. Ia tidak akan dapat dibandingkan dengan pemain Senegal lainnya...meskipun dua tahun belakangan ia mengalami perubahan, tetapi ia tidak banyak berubah. Ia tetaplah sosokk yang rendah hati dan saya kali pertama bertemu dengan dia pada Olimpiade 2012."

Baca juga: Mane bagikan 300 jersey Liverpool di kampung halamannya

"Senegal bukan hanya Sadio Mane. Ia bermain di klub yang hebat, dan hal ini memberi kontribusi yang positif bagi kami. Ia membela salah satu tim terbaik di Eropa. Ia sungguh pemain yang unik karena ia tidak dapat diprediksi, karena itulah ia pemain hebat. Ia bakal memberi perbedaan dalam mengumpan dan melepaskan tembakan ke gawang lawan. Ia (merupakan) salah satu pemain terbaik di dunia."

Striker Polandia, Robert Lewandowski, yang mencetak satu gol dalam Piala Eropa 2012 dan Piala Eropa 2016, menyatakan, "Saya berharap dapat tampil bugar. Ini kesempatan baik mengukir prestasi. Saya ingin mencetak gol lebih banyak lagi. Dan saya berharap dapat juga mencetak gol di Piala Dunia ini."  
 
Anatomi Polandia vs Senegal:

Head-to-head:

* Ini kali pertama laga yang mempertemukan antara Polandia melawan Senegal.
* Polandia  tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan menghadapi lawan asal Afrika di Piala Dunia (sekali menang, dua kali imbang). Tiga laga itu hanya menghasilkan satu gol.  

Polandia:
* Polandia hanya menelan enam kekalahan dari delapan pertandingan di ajang Piala Dunia (dua kali kalah). Mereka juga gagal mencetak clean sheet dalam delapan laga terakhir, catatan terakhir mereka menang 1-0 melawan Portugal pada 1986.
* Polandia hanya sekali menang dari tujuh laga pembukaan di Piala Dunia (tiga kali imbang, tiga kali kalah), menang 3-2 melawan Argentina pada 1974. Mereka juga tidak mencetak lebih dari satu gol dalam lima laga pembukaan.
* Robert Lewandowski mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di ajang babak kualifikasi Piala Dunia untuk zona Eropa, dengan mengoleksi 16 gol. Ia menjaringkan 57 persen dari jumlah keseluruhan gol yang dicetak Timnas Polandia (16 dari 28 gol).     
* Ini kali kedua bagi Adam Nawalka sebagai manajer berkiprah di turnamen berskala besar. Ia sukses membawa Polandia melenggang sampai kuarter-final di Piala Eropa 2016.

Senegal:
* Senegal mampu lolos untuk kali kedua di ajang Piala Dunia, sesudah berpartisipasi pada 2002, yang membawa mereka sampai di kuarter-final sebelum dikalahkan oleh Turki.
* Senegal tidak terkalahkan dalam penampilan di fase grup sebelumnya di Piala Dunia (sekali menang, dua kali kalah), termasuk menang dalam laga pembuka melawan Prancis dengan  skor 1-0.
* Diafra Sakho pemain Senegal yang mampu mencetak lebih dari satu gol dalam putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2018 untuk zona Afrika.
* Ini kali kedua bagi Aliou Cisse berkiprah di turnamen besar sebagai manajer Senegal sesudah Piala Afrika 2017 (lolos sampai babak kuarter-final). Ia juga mengenakan ban kapten Timnas Senegal dalam penampilan Piala Dunia 2002.

Data dan fakta:

Polandia:

* Polandia bereksperimen menurunkan tiga pemain bertahan di Piala Dunia 2018.
* Cedera Kamil Glik jelang penyelenggaraan turnamen tentu saja mengganggu kekokohan lini pertahanan Polandia.

 Senegal:
* Kara dan Salif Sane terus bersaing mendapatkan posisi dalam skuad timnas, selain dia situ sudah ada pemain Napoli, Kalidou Koulibaly.
* Senagal punya segudang pemain bertalenta yang mampu melakukan aksi serangan ke pertahanan lawan dengan depat dan efektif.

Prakiraan susunan pemain:

* Polandia (4-2-3-1):

Wojciech Szczesny (penjaga gawang) ; Maciej Rybus, Michal Pazdan, Jan Bednarek, Lukasz Piszczek; Kamil Grosicki, Jacek Goralski, Grzegorz Krychowiak, Jakub Blaszczykowski, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski

* Senegal (4-2-3-1):
Khadim Ndiaye (penjaga gawang); Lamine Gassama, Kara Mbodji, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Pape Alioune Ndiaye, Cheikhou Kouyate, Gana Idrissa Gueye; Keita Balde, M’Baye Niang, Sadio Mane

Prediksi Man of the Match (whoscored):
1.Robert Lewandowski (60 persen)
2.Sadio Mané (13,33 persen)
3.Jakub Blaszczykowski (6,67 persen)
4.Wojciech Szczesny (6,67 persen)
5.Grzegorz Krychowiak (6,67 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Penampilan Polandia dapat dibilang tidak moncer juga, meski tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir, meski menang 4-0 atas Lithuania dalam laga pemanasan jelang Piala Dunia 2018.
* Senegal hanya sekali menelan kekalahan dari lima pertandingan. Hasil ini mengindikasikan bahwa Polandia perlu tampil berhati-hati dengan serangan balik Senegal.
* Rekor Polandia dalam produktivitas gol patut menjadi perhatian kubu Senegal. Polandia mengandalkan Lewandowski.

Prediksi hasil laga:
* Polandia: 2
* Senegal: 1

Baca juga: Menanti duel sengit Lewandowski - K2 saat Polandia vs Senegal

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018