Trump katakan Korut kembalikan jenazah 200 prajurit AS

Trump katakan Korut kembalikan jenazah 200 prajurit AS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump melambaikan tangan saat menaiki Air Force One di Singapura, Selasa (12/6/2018). (Mandatory credit Ministry of Communications and Information, Singapore/Handout via REUTERS)

Duluth, Minn. (ANTARA News) - Presiden Donald Trump, Rabu, mengatakan Korea Utara mengembalikan jenazah dari 200 prajurit AS, yang hilang dalam Perang Korea, meskipun tidak ada kepastian atas langkah itu dari pejabat militer.

"Kami mendapatkan kembali pahlawan besar kami, yang gugur. Jenazahnya dikirim pada hari ini. Sudah 200 dikirim kembali," kata Trump kepada kerumunan pendukungnya di Duluth, Minnesota.

Pejabat AS, yang berbicara dengan syarat tidak dikenali, mengatakan pada Selasa bahwa dalam beberapa hari mendatang, Korea Utara akan menyerahkan "sejumlah cukup besar" jenazah prajurit Komando PBB di Korea Selatan, yang kemudian akan dipindahkan ke Pangkalan Angkatan Udara Hickam di Hawaii.

Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada pertemuan puncak bersejarah pada pekan lalu di Singapura dan mengatakan dalam jumpa pers setelah itu bahwa Kim setuju mengembalikan jenazah tentara AS.

Sekitar 7.700 tentara AS belum ditemukan dari Perang Korea 1950-1953, kata data militer AS. Menurut Pentagon, pejabat Korea Utara pada masa lalu mengisyaratkan menyimpan 200 jasad prajurit AS. Lebih dari 36.500 prajurit AS tewas dalam perang itu, demikian laporan Reuters.

(Uu.G003)
 

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar